SYALFADIRAMA, Reffangga and DIRGANTARA, I Made Bayu,(17 September 2024), Analisis Pengaruh Gamification melalui Brand Engagement terhadap Brand Loyalty pada E-commerce di Kota Semarang. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (104kB)
Download (104kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (73kB)
Download (73kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (72kB)
Download (72kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (74kB)
Download (74kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (213kB)
Download (213kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Tingginya tingkat kompetisi dalam industri e-commerce di Indonesia telah memaksa pelaku bisnis untuk mengembangkan strategi baru guna mempertahankan loyalitas pelanggan. Gamifikasi dianggap sebagai solusi efektif untuk menghadapi persaingan ketat di dunia e-commerce Indonesia. Strategi ini diyakini mampu meningkatkan keterlibatan merek dan brand loyalty.
Tujuan penelitian ini untuk menentukan pengaruh prinsip-prinsip gamifikasi terhadap keterlibatan merek dalam loyalitas merek. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 173 responden yang memenuhi kriteria sebagai pengguna layanan Tokopedia di wilayah Semarang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner. Data yang diperoleh dari hasil kuesioner kemudian diproses dan dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS. Proses analisis mencakup pengujian validitas dan reliabilitas instrumen penelitian, serta pengujian hipotesis melalui teknik bootstrapping.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prinsip-prinsip gamifikasi yang terdiri dari imersi, pencapaian, dan interaksi sosial memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keterlibatan merek serta keterlibatan merek memiliki dampak positif dan signifikan terhadap loyalitas merek.
Keywords : | Gamification, Brand Engagement, Brand Loyalty, E-commerce, UNSPECIFIED |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Reffangga Syalfadirama |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 07:44 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 07:44 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15194 |