Analisis Pengaruh Gamification melalui Brand Engagement terhadap Brand Loyalty pada E-commerce di Kota Semarang

SYALFADIRAMA, Reffangga and DIRGANTARA, I Made Bayu,(17 September 2024), Analisis Pengaruh Gamification melalui Brand Engagement terhadap Brand Loyalty pada E-commerce di Kota Semarang. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (104kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (73kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (72kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (74kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (213kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tingginya tingkat kompetisi dalam industri e-commerce di Indonesia telah memaksa pelaku bisnis untuk mengembangkan strategi baru guna mempertahankan loyalitas pelanggan. Gamifikasi dianggap sebagai solusi efektif untuk menghadapi persaingan ketat di dunia e-commerce Indonesia. Strategi ini diyakini mampu meningkatkan keterlibatan merek dan brand loyalty. Tujuan penelitian ini untuk menentukan pengaruh prinsip-prinsip gamifikasi terhadap keterlibatan merek dalam loyalitas merek. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 173 responden yang memenuhi kriteria sebagai pengguna layanan Tokopedia di wilayah Semarang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner. Data yang diperoleh dari hasil kuesioner kemudian diproses dan dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS. Proses analisis mencakup pengujian validitas dan reliabilitas instrumen penelitian, serta pengujian hipotesis melalui teknik bootstrapping. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prinsip-prinsip gamifikasi yang terdiri dari imersi, pencapaian, dan interaksi sosial memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keterlibatan merek serta keterlibatan merek memiliki dampak positif dan signifikan terhadap loyalitas merek.
Keywords : Gamification, Brand Engagement, Brand Loyalty, E-commerce, UNSPECIFIED
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Reffangga Syalfadirama
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:44
Last Modified: 26 Sep 2024 07:44
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15194

Actions (login required)

View Item
View Item