FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK BOIKOT PRODUK MCDONALD’S (STUDI PADA KONSUMEN MUSLIM GENERASI Z DI KOTA SEMARANG)

RAHMAN, Moch Fakhrizal and MAS'UD, Fuad,(26 September 2024), FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK BOIKOT PRODUK MCDONALD’S (STUDI PADA KONSUMEN MUSLIM GENERASI Z DI KOTA SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (72kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pecahnya serangan Israel kepada Palestina yang mengakibatkan banyak korban jiwa memunculkan sebuah fenomena perilaku konsumen di Indonesia. Fenomena tersebut berupa gerakan untuk memboikot semua produk perusahaan yang terafiliasi oleh Israel. Salah satu diantaranya yang telah terbukti berafiliasi dengan Israel dan menjadi target boikot adalah McDonald’s. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan boikot produk McDonald’s oleh konsumen muslim generasi z di Kota Semarang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan pengumpulan data dilakukan secara online melalui kuesioner google form. Adapun sampel dalam penelitian ini sejumlah 108 responden yang membeli produk McDonald’s di Kota Semarang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS Statistic 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa religiusitas, consumer animosity, dan etnosentrisme konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan boikot produk McDonald’s oleh konsumen muslim generasi z di Kota Semarang, baik secara parsial maupun simultan. Ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh cukup kuat yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 57%.
Keywords : Religiosity, consumer animosity, consumer ethnocentrism, boycott decisions, consumer behavior., Religiusitas, consumer animosity, etnosentrisme konsumen, keputusan boikot, perilaku konsumen.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Moch Fakhrizal Rahman
Date Deposited: 01 Oct 2024 07:28
Last Modified: 01 Oct 2024 08:15
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15241

Actions (login required)

View Item
View Item