PERBEDAAN PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI LEARNING MANAGEMENT SYSTEMS (LMS) (Studi Empiris Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Diponegoro dan Universitas Semarang)

SURYANINGSIH, Amita and SEPTIANI, Aditya,(10 June 2015), PERBEDAAN PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI LEARNING MANAGEMENT SYSTEMS (LMS) (Studi Empiris Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Diponegoro dan Universitas Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S- Fulltext PDF Bookmarks- 12030110120069.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa akuntansi mengenai Learning Management System (LMS). Penelitian ini akan menguji apakah terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi yang berasal dari perguruan tinggi negeri dengan mahasiswa akuntansi yang berasal dari perguruan tinggi swasta mengenai kegunaan Learning Management System (LMS). Selain itu penelitian ini juga menguji faktor apa saja yang dapat mempengaruhi persepsi mahasiswa akuntansi mengenai kegunaan Learning Management System (LMS). Faktor tersebut adalah manfaat catatan kuliah, keterlibatan mahasiswa dengan modul, forum diskusi, dan sarana Virtual Learning Environment (VLE) lainnya (Basioudis, et al; 2012). Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui pendistribusian kuesioner kepada mahasiswa akuntansi di Universitas Diponegoro (UNDIP) dan Universitas Semarang (USM). Kuesioner yang dibagikan sebanyak 130 kuesioner, dan kuesioner yang kembali sebanyak 123 kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Independent Sample t-test dan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi yang berasal dari perguruan tinggi negeri dengan perguruan tinggi swasta mengenai Learning Management System (LMS). Selain itu 75,7% persepsi mahasiswa akuntansi mengenai kegunaan Learning Management System (LMS) dijelaskan oleh faktor dalam model. Dengan menggunakan signifikansi 0,10, hasil uji t menunjukkan bahwa faktor dalam model berpengaruh signifikan positif terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai kegunaan Learning Management System (LMS).
Keywords : Perception, Differences in perception, Accounting student, Learning Management System (LMS)., Persepsi, Perbedaan persepsi, Mahasiswa akuntansi, Learning Management System (LMS).
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 23 Jan 2020 07:04
Last Modified: 23 Jan 2020 07:04
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1527

Actions (login required)

View Item
View Item