FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MENGGUNAKAN BSI MOBILE SEBAGAI PLATFORM PEMBAYARAN ZAKAT DI KOTA SEMARANG

AKBAR, Daffa Muhammad and FUADI, Ariza,(2 October 2024), FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MENGGUNAKAN BSI MOBILE SEBAGAI PLATFORM PEMBAYARAN ZAKAT DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduknya yang beragama Islam, sehingga potensi zakat di Indonesia sangatlah besar. Potensi zakat di Indonesia mencapai Rp 327 triliun, namun realisasi yang ada hanya mencapai Rp 21 triliun atau hanya sekitar 6,5% dari potensi yang ada. Kota Semarang sendiri masih berpotensi tinggi, karena dengan jumlah penduduk muslim yang ada zakat yang terhimpun baru Rp 9 miliar untuk zakat maal dan Rp 301 juta untuk zakat fitrah pada tahun 2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor yang memengaruhi minat menggunakan BSI Mobile sebagai platform pembayaran zakat. Pengambilan sampel penelitian ini berdasarkan Bernoulli, serta pada saat pengambilan sampel, 109 responden memakai sampling dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Penelitian ini dianalisis menggunakan regresi linier berganda yang dibantu dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 22. Hasil analisis menunjukkan bahwa Reputasi, Transparansi, dan Kepercayaan berpengaruh secara simultan terhadap minat menggunakan BSI Mobile sebagai platform pembayaran zakat. Sedangkan secara parsial hanya Kepercayaan yang berpengaruh terhadap minat menggunakan BSI Mobile sebagai platform pembayaran zakat, untuk Reputasi dan Transparansi tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan BSI Mobile sebagai platform pembayaran zakat. Nilai R Square sebesar 0,152 atau 15,2%, yang dimana 15,2% minat menggunakan BSI Mobile sebagai platform pembayaran zakat dapat dijelaskan oleh variabel yang ada dan sisanya sebesar 84,8% dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian.
Keywords : Zakat, Interest, Reputation, Transparency, Trust, Zakat, Minat, Reputasi, Transparansi, Kepercayaan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Daffa Akbar
Date Deposited: 17 Oct 2024 06:56
Last Modified: 17 Oct 2024 06:57
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15299

Actions (login required)

View Item
View Item