AKBAR, Daffa Muhammad and FUADI, Ariza,(2 October 2024), FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MENGGUNAKAN BSI MOBILE SEBAGAI PLATFORM PEMBAYARAN ZAKAT DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduknya yang beragama
Islam, sehingga potensi zakat di Indonesia sangatlah besar. Potensi zakat di Indonesia
mencapai Rp 327 triliun, namun realisasi yang ada hanya mencapai Rp 21 triliun atau
hanya sekitar 6,5% dari potensi yang ada. Kota Semarang sendiri masih berpotensi
tinggi, karena dengan jumlah penduduk muslim yang ada zakat yang terhimpun baru
Rp 9 miliar untuk zakat maal dan Rp 301 juta untuk zakat fitrah pada tahun 2023.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor yang memengaruhi minat
menggunakan BSI Mobile sebagai platform pembayaran zakat.
Pengambilan sampel penelitian ini berdasarkan Bernoulli, serta pada saat
pengambilan sampel, 109 responden memakai sampling dengan metode purposive
sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Penelitian ini dianalisis
menggunakan regresi linier berganda yang dibantu dengan menggunakan aplikasi
IBM SPSS Statistics 22.
Hasil analisis menunjukkan bahwa Reputasi, Transparansi, dan Kepercayaan
berpengaruh secara simultan terhadap minat menggunakan BSI Mobile sebagai
platform pembayaran zakat. Sedangkan secara parsial hanya Kepercayaan yang
berpengaruh terhadap minat menggunakan BSI Mobile sebagai platform pembayaran
zakat, untuk Reputasi dan Transparansi tidak berpengaruh terhadap minat
menggunakan BSI Mobile sebagai platform pembayaran zakat. Nilai R Square
sebesar 0,152 atau 15,2%, yang dimana 15,2% minat menggunakan BSI Mobile
sebagai platform pembayaran zakat dapat dijelaskan oleh variabel yang ada dan
sisanya sebesar 84,8% dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian.
Keywords : | Zakat, Interest, Reputation, Transparency, Trust, Zakat, Minat, Reputasi, Transparansi, Kepercayaan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Daffa Akbar |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 06:56 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:57 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15299 |