HIRNIKO, Siti and FUADI, Ariza,(10 October 2024), FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN DI SHOPEE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA GEN Z MUSLIM DI PROVINSI JAWA BARAT. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (40kB)
Download (40kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (31kB)
Download (31kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (31kB)
Download (31kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (62kB)
Download (62kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (192kB)
Download (192kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan,
kemudahan pembayaran, price discount, dan gratis ongkir terhadap perilaku
impulse buying. Penelitian ini membahas perilaku impulse buying pada Gen Z di
Provinsi Jawa Barat, karena Provinsi Jawa Barat memiliki jumlah Gen Z terbanyak
di Indonesia, yaitu sebanyak 68.662.815 orang. Selain itu, provinsi ini juga
mencatatkan peningkatan signifikan dalam transaksi e-commerce, yang mencapai
15,02 triliun rupiah pada tahun 2023. Peningkatan ini menunjukkan bahwa
tingginya aktivitas e-commerce mencerminkan adanya kecenderungan perilaku
impulsif dalam berbelanja di kalangan Gen Z Muslim di Provinsi Jawa Barat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 120
responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan
bantuan aplikasi SPSS 27. Responden ditentukan melalui teknik purposive
sampling untuk mendapatkan responden Gen Z muslim Provinsi Jawa Barat yang
melakukan transaksi di e-commerce Shopee lebih dari tiga kali dalam sebulan.
Hasil penelitian menunjukkan kepercayaan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap perilaku impulse buying pada Gen Z muslim di Provinsi Jawa
Barat. Kemudahan pembayaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap
perilaku impulse buying pada Gen Z muslim di Provinsi Jawa Barat. Price discount
berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulse buying pada Gen Z
muslim di Provinsi Jawa Barat. Gratis ongkir berpengaruh positif dan signifikan
terhadap perilaku impulse buying pada Gen Z muslim di Provinsi Jawa Barat.
Keywords : | Impulse buying, trust, ease of payment, price discount, free shipping, Impulse buying, kepercayaan, kemudahan pembayaran, price discount, gratis ongkir |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Siti Hirniko |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 04:37 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 04:47 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15334 |