FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN DI SHOPEE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA GEN Z MUSLIM DI PROVINSI JAWA BARAT

HIRNIKO, Siti and FUADI, Ariza,(10 October 2024), FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN DI SHOPEE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA GEN Z MUSLIM DI PROVINSI JAWA BARAT. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (40kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (31kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (31kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (62kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (192kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, kemudahan pembayaran, price discount, dan gratis ongkir terhadap perilaku impulse buying. Penelitian ini membahas perilaku impulse buying pada Gen Z di Provinsi Jawa Barat, karena Provinsi Jawa Barat memiliki jumlah Gen Z terbanyak di Indonesia, yaitu sebanyak 68.662.815 orang. Selain itu, provinsi ini juga mencatatkan peningkatan signifikan dalam transaksi e-commerce, yang mencapai 15,02 triliun rupiah pada tahun 2023. Peningkatan ini menunjukkan bahwa tingginya aktivitas e-commerce mencerminkan adanya kecenderungan perilaku impulsif dalam berbelanja di kalangan Gen Z Muslim di Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 120 responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 27. Responden ditentukan melalui teknik purposive sampling untuk mendapatkan responden Gen Z muslim Provinsi Jawa Barat yang melakukan transaksi di e-commerce Shopee lebih dari tiga kali dalam sebulan. Hasil penelitian menunjukkan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulse buying pada Gen Z muslim di Provinsi Jawa Barat. Kemudahan pembayaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulse buying pada Gen Z muslim di Provinsi Jawa Barat. Price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulse buying pada Gen Z muslim di Provinsi Jawa Barat. Gratis ongkir berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulse buying pada Gen Z muslim di Provinsi Jawa Barat.
Keywords : Impulse buying, trust, ease of payment, price discount, free shipping, Impulse buying, kepercayaan, kemudahan pembayaran, price discount, gratis ongkir
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Siti Hirniko
Date Deposited: 07 Nov 2024 04:37
Last Modified: 07 Nov 2024 04:47
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15334

Actions (login required)

View Item
View Item