NURPRIMA, Zalwa and GUNANTO, Edy Yusuf Agung,(25 November 2024), FAKTOR YANG MEMENGARUHI IMPULSIVE BUYING PRODUK KOSMETIK HALAL OLEH PENGGUNA SHOPEE (STUDI PADA MUSLIMAH DI PROVINSI BANTEN). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (521kB)
Download (521kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pertumbuhan transaksi e-commerce Indonesia tercatat terus meningkat, ditandai dengan menjadi sektor penyumbang ekonomi digital terbesar di Indonesia pada tahun 2023. Diikuti oleh tren kecantikan khususnya kosmetik yang terus meningkat menyebabkan Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia menjadi konsumen kosmetik halal terbesar kedua setelah India. Hadirnya platform instagram, shopee, tiktok memudahkan konsumen untuk membeli barang secara impulsif atau secara cepat, tanpa perencanaan matang dan sering kali didorong oleh promosi diskon. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor yang memengaruhi pembelian kosmetik terhadap impulsive buying oleh pengguna shopee pada muslimah melalui sebuah wilayah dengan penetrasi pengguna internet paling tinggi di Indonesia.
Penelitian ini dilandasi oleh teori perilaku konsumen dan teori SOR (Stimulus-Organism-Response). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan Teknik Partial Least Square (PLS) menggunakan analisis SmartPLS 4.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa availability of money dan hedonic motivation berpengaruh positif dan signifikan sedangkan beauty influencer muslim tidak berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying pada produk kosmetik halal. Variabel hedonic motivation atau motivasi hedonis menjadi variabel yang memiliki pengaruh paling kuat terhadap impulsive buying produk kosmetik halal. Temuan ini mengimplikasikan bahwa pembelian kosmetik secara mendadak tidak ditentukan secara signifikan oleh promosi yang dilakukan oleh influencer melainkan oleh ketersediaan uang yang dimiliki dan motivasi hedonis berupa perasaan kepuasan emosional konsumen.
Keywords : | Halal Cosmetics, Muslim Beauty Influencer, Availability of money, Hedonic motivation, Impulsive buying., Kosmetik Halal, Beauty influencer muslim, Availability of money, Hedonic motivation, Impulsive buying. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Zalwa Nurprima |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 06:15 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 06:24 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15449 |