SUMAHARDI, Doddi and INDRIANI, Farida,(3 December 2024), ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN BRIMO (Studi pada Bank BRI Kantor Cabang Pattimura Semarang dan Kantor Cabang Jepara). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (66kB)
Download (66kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (7kB)
Download (7kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (7kB)
Download (7kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (74kB)
Download (74kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (102kB)
Download (102kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan nasabah dalam menggunakan aplikasi mobile banking BRImo di (BRI). Mengacu pada model Technology Acceptance Model (TAM), penelitian ini mengidentifikasi tiga variabel utama: keamanan, kemudahan, dan manfaat yang ditawarkan BRImo, serta pengaruhnya terhadap kepuasan dan kepercayaan nasabah pengguna aplikasi BRImo di Kota Semarang dan Kabupaten Jepara. Melalui pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan sampel dari nasabah BRI di Kantor Cabang Semarang Pattimura dan Jepara, dengan metode purposive sampling untuk merespons kriteria spesifik nasabah yang telah menggunakan BRImo minimal enam bulan, dengna jumlah sampel sebesar 200 responden. Data yang digunakan adalah data primer, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis SmartPLS. Hasil penelitian diperoleh bahwa keamanan, kemudahan, dan manfaat secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hasil berikutnya diperoleh keamanan, kemudahan, manfaat, kepuasan nasabah secara parsial berpengaruh poistif dan signifikan terhadap kepercayaan nasabah pengguna BRImo. Hasil uji mediasi menunjukkan jika kepuasan nasabah dapat memediasi pengaruh keamanan terhadap kepercayaan nasabah, kepuasan nasabah memediasi pengaruh kemudahan terhadap kepercayaan nasabah, dan kepuasan nasabah memediasi pengaruh manfaat terhadap kepercayaan nasabah.
Keywords : | Technology Acceptance Model (TAM), Security, Convenience, Benefits, Customer Satisfaction, and Customer Trust, Technology Acceptance Model (TAM), Keamanan, Kemudahan, Manfaat, Kepuasan Nasabah, dan Kepercayaan Nasabah |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Doddi Sumahardi |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 07:42 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 07:42 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15481 |