PENGARUH PROMOSI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN KONTROL DIRI, TAQWA, DAN SEDEKAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Mahasiswa Muslim di Kota Semarang)

REZKY, Muhammad and KAFABIH, An'im,(4 December 2024), PENGARUH PROMOSI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN KONTROL DIRI, TAQWA, DAN SEDEKAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Mahasiswa Muslim di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (193kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (114kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (114kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (202kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (227kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmark] Text (Fulltext PDF Bookmark)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan penggunaan e-commerce di Indonesia mendorong strategi bisnis yang semakin kompetitif dengan berbagai promosi menarik, mengubah pola belanja konsumen, dan memunculkan masalah pembelian impulsif. Dalam Islam, diajarkan keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan dan pengendalian diri, sehingga konsumsi dilakukan secara bijaksana dan tidak berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap perilaku pembelian impulsif yang dimoderasi oleh kontrol diri, taqwa, dan sedekah. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa beragama Islam di Kota Semarang, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan metode analisis kuantitatif melalui pendekatan deskriptif. Data primer yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) promosi berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif, (2) kontrol diri dapat membuat pengaruh promosi terhadap pembelian impulsif menjadi tidak signifikan, (3) taqwa dapat membuat promosi tidak signifikan memengaruhi pembelian impulsif, dan (4) sedekah membuat pengaruh promosi terhadap pembelian impulsif menjadi negatif.
Keywords : Promotion, Self-Control, Taqwa, Sadaqah, Impulse Buying, Promosi, Kontrol Diri, Taqwa, Sedekah, Pembelian Impulsif
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Muhammad rezky
Date Deposited: 23 Dec 2024 01:15
Last Modified: 23 Dec 2024 01:22
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15508

Actions (login required)

View Item
View Item