THE INFLUENCE OF DIGITAL PAYMENT ADOPTION ON THE DECISION TO CONDUCT ONLINE SALES IN INDONESIA

PRATAMA, M Farhan Rifda and RINI, Ariska Nurfajar,(29 November 2024), THE INFLUENCE OF DIGITAL PAYMENT ADOPTION ON THE DECISION TO CONDUCT ONLINE SALES IN INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pembayaran digital dalam mempengaruhi keputusan penjual dalam melakukan penjualan secara online di Indonesia. Pandemi COVID-19 menyebabkan menurunnya konsumsi rumah tangga di Indonesia, namun penggunaan digital payment terbukti dapat meningkatkan transaksi online dan memungkingkan para pelaku usaha untuk memperbesar jangkauan pasar mereka dan memungkin mereka beralih untuk melakukan penjualan secara online. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan analitis Prosperity Score Matching (PSM). Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data cross-sectional yaitu jenis data yang dikumpulkan pada satu titik waktu dari banyak individu dari Digital Economy Household Survey (DEHS). Temuan dalam penelitian menyatakan bahwa digital payment berpengaruh positif terhadap keputusan penjualan dalam melakukan penjualan secara online di Indonesia. Variabel lainnya yang berpengaruh positif terhadap keputusan untuk berjualan secara online yakni education, location dan network fee. Sementara itu variabel yang berpengaruh negatif terhadap keputusan untuk berjualan secara online yakni age dan industry. Akan tetapi variabel gender dan financial network berdasarkan hasil penelitian ini dinyatakan tidak dapat berpengaruh terhadap keputusan untuk melakukan penjualan secara online.
Keywords : COVID-19, Online Transactions, Digital Payments, Seller Decision, COVID-19, Transaksi Online, Pembayaran Digital, Keputusan Penjual
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: M Farhan Rifda Pratama
Date Deposited: 24 Dec 2024 03:17
Last Modified: 24 Dec 2024 03:18
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15521

Actions (login required)

View Item
View Item