SHADIQ, Muhammad Dzaky and HASYA, Afina,(10 December 2024), EXPLORING THE ROLE OF IOT IN ENHANCING PRODUCT INNOVATION AND FIRM PERFORMANCE IN INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (89kB)
Download (89kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (183kB)
Download (183kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (183kB)
Download (183kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (160kB)
Download (160kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (177kB)
Download (177kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Dalam lanskap digital yang berkembang pesat saat ini, integrasi teknologi dan manajemen pengetahuan yang efektif menjadi krusial bagi perusahaan yang berusaha mempertahankan daya saing dan mendorong inovasi. Studi ini mengeksplorasi peran implementasi teknologi dan manajemen pengetahuan dalam meningkatkan inovasi produk dan kinerja perusahaan, dengan fokus khusus pada usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia. Menggunakan kerangka Technology-Organization-Environment (TOE) dan teori Resource-Based View (RBV), penelitian ini menyelidiki mekanisme di mana kemajuan teknologi dan praktik manajemen pengetahuan memengaruhi hasil inovasi dan kesuksesan organisasi. Menggunakan metodologi kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen dari manajer senior di berbagai UKM di Indonesia. Temuan menunjukkan bahwa adopsi teknologi digital dan manajemen pengetahuan secara sistematis secara signifikan mendorong inovasi produk, yang bertindak sebagai mediator dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Studi ini juga menunjukkan bahwa baik implementasi teknologi maupun praktik manajemen pengetahuan memiliki dampak langsung terhadap hasil organisasi, menekankan pentingnya memanfaatkan kemampuan digital dan mekanisme berbagi pengetahuan untuk mendorong daya saing jangka panjang. Tesis ini memberikan wawasan berharga bagi pemimpin bisnis, pembuat kebijakan, dan peneliti yang ingin memahami dinamika transformasi digital, inovasi, dan manajemen pengetahuan di negara berkembang. Dengan menawarkan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana UKM di Indonesia dapat memanfaatkan faktor-faktor ini untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, studi ini berkontribusi pada diskusi yang lebih luas tentang manajemen inovasi dan kinerja organisasi di era digital.
Keywords : | Technology Implementation, Knowledge Management, Product Innovation, Firm Performance, SMEs, Digital Transformation, TOE Framework, RBV Theory, Implementasi Teknologi, Manajemen Pengetahuan, Inovasi Produk, Kinerja Perusahaan, UKM, Transformasi Digital. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Muhammad Dzaky Shadiq |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 03:59 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 03:59 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15562 |