Pengaruh Brand Ambasador dari Kalangan Mahasiswa terhadap Penggunaan Jasa Gojek oleh Mahasiswa Universitas Diponegoro

PAXIA, Azza and ASTUTI, Sri Rahayu Tri,(20 December 2024), Pengaruh Brand Ambasador dari Kalangan Mahasiswa terhadap Penggunaan Jasa Gojek oleh Mahasiswa Universitas Diponegoro. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (158kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (63kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (78kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (122kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (833kB) | Request a copy

Abstract

Didukung oleh perkembangan smartphone dan beragam media sosial yang tersedia, masyarakat saat ini menggunakan internet dan media sosial dalam keseharian. Selain memiliki fungsi informasi, hiburan, sosialisasi, dan aktualisasi diri, media sosial juga digunakan untuk kepentingan bisnis seperti sarana komersial. Adanya celah untuk keperluan berbisnis inilah yang dimanfaatkan perusahaan. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan teknologi internet dan media sosial dalam menjalankan bisnisnya adalah Gojek. Untuk menarik minat konsumen, Gojek melakukan berbagai promosi salah satunya dengan menggunakan Brand Ambassador. Brand Ambassador sering dipilih dari selebrita atau sosok artis yang dianggap dapat mewakili produk. Namun, Gojek menghadirkan program Gocampus Ambassador yang mengajak mahasiswa Indonesia untuk menjadi brand ambassador. Oleh karena itu penulis berminat meneliti pengaruh mahasiswa sebagai brand ambassador terhadap minat ketertarikan mahasiswa Universitas Diponegoro dalam penggunaan Gojek. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam proses pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Sebanyak 125 data responden berhasil dikumpulkan untuk diolah menggunakan metode analisis regresi berganda, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokesdastisitas, uji kelayakan model, serta uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel brand ambassador berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat beli konsumen, (2) variabel digital marketing berpengaruh posiitf dan signifikan terhadap minat beli konsumen, (3) variabel benefit online marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, (4) variabel brand ambassador, digital marketing, dan benefit online marketing secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, dan (5) variabel minat beli konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan konsumen.
Keywords : Brand Ambassador, Gojek, Digital Marketing, Online Marketing Benefits, Consumer Purchasing Interest, Brand Ambassador, Gojek, Digital Marketing, Benefit Online Marketing, Minat Beli Konsumen
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Azza Paxia
Date Deposited: 31 Dec 2024 07:20
Last Modified: 31 Dec 2024 07:20
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15610

Actions (login required)

View Item
View Item