INVESTIGASI ANTESEDEN “DESTINATION SUSTAINABILITY” DENGAN INTENTION TO VISIT & DESTINATION IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING STUDI EMPIRIS PADA TAMAN NASIONAL KARIMUNJAWA

KUMALASARI, NURMA and BATU, Kardison Lumban,(19 December 2024), INVESTIGASI ANTESEDEN “DESTINATION SUSTAINABILITY” DENGAN INTENTION TO VISIT & DESTINATION IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING STUDI EMPIRIS PADA TAMAN NASIONAL KARIMUNJAWA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (111kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (35kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (127kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (223kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (331kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam enam tahun terakhir, salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi dunia ialah sektor pariwisata. Perkembangan industri pariwisata yang sedang berkembang dipandang sebagai faktor yang mendorong, menentukan arah perkembangan, serta mendorong semangat untuk pembangunan yang menyeluruh terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Tujuan industri pariwisata adalah untuk menarik minat wisatawan, memperpanjang durasi kunjungan mereka, serta mendorong pengeluaran yang lebih tinggi dari wisatawan di destinasi yang mereka kunjungi. Untuk mencapai tujuan tersebut, pihak destinasi perlu memahami bagaimana sistem beroperasi melalui empat komponen yang saling terkait yaitu pasar, perjalanan, pemasaran, dan tujuan wisata. Tujuan dari penelitian ini yakni guna menyelidiki faktor – faktor yang memengaruhi keberlanjutan destinasi wisata Taman Nasional Karimunjawa. Kajian ini mengembangkan isu mengenai pengalaman fantasi, kualitas informasi dan kualitas alat & platform dapat memberi kesan positif terhadap niat berkunjung dan citra destinasi dalam hal keberlanjutan destinasi. Penelitian ini menggunakan 2 jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Dalam riset ini populasi yang ditetapkan merupakan wisatawan lokal maupun asing yang berkunjung ke Taman Nasional Karimunjawa menggunakan tour agent. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif melalui penerapan metode Structural Equation Model (SEM) sebagai media statistik guna menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh bahwa pengalaman fantasi berpengaruh terhadap niat berkunjung; kualitas informasi berpengaruh terhadap niat berkunjung; kualitas informasi berpengaruh terhadap citra destinasi; kualitas alat & platform berpengaruh terhadap citra destinasi; niat berkunjung berpengaruh terhadap keberlanjutan destinasi; dan citra destinasi berpengaruh terdahap keberlanjutan destinasi.
Keywords : fantasy experience, information quality, tools & platforms quality, intention to visit, destination image, destination sustainability, Karimunjawa National Park, tourist attractions., pengalaman fantasi, kualitas informasi, kualitas alat & platform, niat berkunjung, citra destinasi, keberlanjutan destinasi, Taman Nasional Karimunjawa, daya tarik wisata.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nurma Kumalasari
Date Deposited: 06 Jan 2025 04:27
Last Modified: 06 Jan 2025 04:29
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15633

Actions (login required)

View Item
View Item