KUMALASARI, NURMA and BATU, Kardison Lumban,(19 December 2024), INVESTIGASI ANTESEDEN “DESTINATION SUSTAINABILITY” DENGAN INTENTION TO VISIT & DESTINATION IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING STUDI EMPIRIS PADA TAMAN NASIONAL KARIMUNJAWA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (111kB)
Download (111kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (35kB)
Download (35kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (127kB)
Download (127kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (223kB)
Download (223kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (331kB)
Download (331kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Dalam enam tahun terakhir, salah satu sektor yang memberikan kontribusi
besar terhadap pertumbuhan ekonomi dunia ialah sektor pariwisata.
Perkembangan industri pariwisata yang sedang berkembang dipandang sebagai
faktor yang mendorong, menentukan arah perkembangan, serta mendorong
semangat untuk pembangunan yang menyeluruh terutama di negara berkembang
seperti Indonesia. Tujuan industri pariwisata adalah untuk menarik minat
wisatawan, memperpanjang durasi kunjungan mereka, serta mendorong
pengeluaran yang lebih tinggi dari wisatawan di destinasi yang mereka kunjungi.
Untuk mencapai tujuan tersebut, pihak destinasi perlu memahami bagaimana
sistem beroperasi melalui empat komponen yang saling terkait yaitu pasar,
perjalanan, pemasaran, dan tujuan wisata. Tujuan dari penelitian ini yakni guna
menyelidiki faktor – faktor yang memengaruhi keberlanjutan destinasi wisata
Taman Nasional Karimunjawa. Kajian ini mengembangkan isu mengenai
pengalaman fantasi, kualitas informasi dan kualitas alat & platform dapat
memberi kesan positif terhadap niat berkunjung dan citra destinasi dalam hal
keberlanjutan destinasi.
Penelitian ini menggunakan 2 jenis data yaitu data primer dan data
sekunder. Dalam riset ini populasi yang ditetapkan merupakan wisatawan lokal
maupun asing yang berkunjung ke Taman Nasional Karimunjawa menggunakan
tour agent. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif melalui
penerapan metode Structural Equation Model (SEM) sebagai media statistik guna
menguji hipotesis yang telah ditetapkan.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh bahwa pengalaman
fantasi berpengaruh terhadap niat berkunjung; kualitas informasi berpengaruh
terhadap niat berkunjung; kualitas informasi berpengaruh terhadap citra destinasi;
kualitas alat & platform berpengaruh terhadap citra destinasi; niat berkunjung
berpengaruh terhadap keberlanjutan destinasi; dan citra destinasi berpengaruh
terdahap keberlanjutan destinasi.
Keywords : | fantasy experience, information quality, tools & platforms quality, intention to visit, destination image, destination sustainability, Karimunjawa National Park, tourist attractions., pengalaman fantasi, kualitas informasi, kualitas alat & platform, niat berkunjung, citra destinasi, keberlanjutan destinasi, Taman Nasional Karimunjawa, daya tarik wisata. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nurma Kumalasari |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 04:27 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 04:29 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15633 |