SARI, Putri Sofiah and YOESTINI, Yoestini,(20 December 2024), IMPLEMENTASI EXPERIENTIAL MARKETING THEORY DAN SERVICESCAPE THEORY DALAM MENINGKATKAN REVISIT INTENTION PADA HOTEL BINTANG 5 DI BALI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (64kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (72kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (150kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (92kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (166kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (965kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan merumuskan model teoritis yang menguji hubungan antara servicescape, memorable experience, dan perceived value terhadap revisit intention pada konsumen hotel bintang 5 di Bali.
Penelitian ini dilakukan dalam konteks experiential marketing theory dan servicescape theory. Data dikumpulkan melalui metode purposive sampling dan menghasilkan 200 respons valid dari konsumen hotel bintang 5 di Bali. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) untuk analisis dan interpretasi data, yang diolah melalui software IBM SPSS AMOS 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua hipotesis yang diuji diterima. Servicescape memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap memorable experience, perceived value, dan revisit intention. Selain itu, memorable experience dan perceived value secara signifikan dan positif memengaruhi revisit intention.
Temuan ini memperkaya teori experiential marketing dan servicescape dengan menunjukkan bahwa kualitas servicescape, memorable experience, dan perceived value secara signifikan meningkatkan revisit intention. Temuan ini memberikan wawasan praktis bagi hotel bintang 5 untuk mengoptimalkan desain interior, fasilitas, dan pelayanan guna menciptakan pengalaman yang berkesan serta memberikan nilai lebih kepada pelanggan. Pendekatan ini dapat mendorong loyalitas konsumen dan menghasilkan manfaat jangka panjang bagi bisnis.
Kontribusi orisinal dari penelitian ini terletak pada penerapan experiential marketing theory dan servicescape theory yang berfokus pada konsumen hotel bintang 5 di Bali. Selain memperluas penerapan empiris, penelitian ini juga memberikan wawasan yang dapat diimplementasikan oleh para praktisi untuk mengoptimalkan kinerja bisnis.
Keywords : | Servicescape, Memorable experience, Perceived value, Revisit Intention, Servicescape, Memorable experience, Perceived value, Revisit Intention |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Putri Sofiah Sari |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 09:00 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 09:01 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15638 |