Dampak Host Live Shopping Terhadap Impulsive Buying Dimediasi Utilitarian & Hedonic Attitude. Implementasi Faktor Social Presence & Social Facilitation (Empiris Studi Pada Pengguna Aplikasi Tiktok di Kota Semarang)

HIDAYAT, Zhafran Farrel and BATU, Kardison Lumban,(20 January 2025), Dampak Host Live Shopping Terhadap Impulsive Buying Dimediasi Utilitarian & Hedonic Attitude. Implementasi Faktor Social Presence & Social Facilitation (Empiris Studi Pada Pengguna Aplikasi Tiktok di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (175kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (60kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (73kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (163kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang cepat tentunya mengubah bagaimana konsumen melakukan kegiatan transaksional. Hal ini juga termasuk bagaimana para konsumen mengubah cara mereka berbelanja yang tradisional menjadi modern melalui live streaming shopping di berbagai E-Commerce termasuk Tiktok untuk belanja secara daring. Memanfaatkan fitur live streaming shopping di Tiktok dengan sentuhan pembawa acara yang menarik dan aktif berinteraksi dengan konsumen menjadi salah satu tren baru di Indonesia beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk meneliti faktor-faktor pembawa acara atau host yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan impulsive buying pada live streaming shopping di aplikasi Tiktok. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner secara daring melalui Google Form dan berhasil mendapatkan hasil sebanyak 206 responden. Terdapat beberapa kriteria responden dalam penelitian ini, yaitu konsumen pernah melakukan pembelian sebuah produk melalui aplikasi Tiktok Shop. Hasil dari pengumpulan data kuesioner yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif dan struktural dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling) menggunakan program AMOS (Analysis Moment of Structural) 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa live streamers attractive appearance dan live streamers real time interactions berpengaruh positif terhadap utilitarian dan hedonic attitude. Hedonic attitude berpengaruh positif terhadap impulsive buying sedangkan utilitarian attitude tidak berpengaruh positif terhadap impulsive buying.
Keywords : Streamer Attractiveness, Streamer Real Time Interactions, Utilitarian Attitude, Hedonic Attitude, Impulsive Buying, Streamer Attractiveness, Streamer Real Time Interactions, Utilitarian Attitude, Hedonic Attitude, Impulsive Buying
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Zhafran Farrel Hidayat
Date Deposited: 24 Jan 2025 09:41
Last Modified: 03 Feb 2025 03:15
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15688

Actions (login required)

View Item
View Item