HIDAYAT, Zhafran Farrel and BATU, Kardison Lumban,(20 January 2025), Dampak Host Live Shopping Terhadap Impulsive Buying Dimediasi Utilitarian & Hedonic Attitude. Implementasi Faktor Social Presence & Social Facilitation (Empiris Studi Pada Pengguna Aplikasi Tiktok di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (175kB)
Download (175kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (60kB)
Download (60kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (87kB)
Download (87kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (73kB)
Download (73kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (163kB)
Download (163kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi digital yang cepat tentunya mengubah bagaimana
konsumen melakukan kegiatan transaksional. Hal ini juga termasuk bagaimana para
konsumen mengubah cara mereka berbelanja yang tradisional menjadi modern melalui live
streaming shopping di berbagai E-Commerce termasuk Tiktok untuk belanja secara daring.
Memanfaatkan fitur live streaming shopping di Tiktok dengan sentuhan pembawa acara yang
menarik dan aktif berinteraksi dengan konsumen menjadi salah satu tren baru di Indonesia
beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk meneliti faktor-faktor
pembawa acara atau host yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan impulsive buying
pada live streaming shopping di aplikasi Tiktok.
Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner secara daring melalui
Google Form dan berhasil mendapatkan hasil sebanyak 206 responden. Terdapat beberapa
kriteria responden dalam penelitian ini, yaitu konsumen pernah melakukan pembelian sebuah
produk melalui aplikasi Tiktok Shop. Hasil dari pengumpulan data kuesioner yang telah
diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif dan struktural dengan menggunakan metode
SEM (Structural Equation Modelling) menggunakan program AMOS (Analysis Moment of
Structural) 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa live streamers attractive appearance dan
live streamers real time interactions berpengaruh positif terhadap utilitarian dan hedonic
attitude. Hedonic attitude berpengaruh positif terhadap impulsive buying sedangkan
utilitarian attitude tidak berpengaruh positif terhadap impulsive buying.
Keywords : | Streamer Attractiveness, Streamer Real Time Interactions, Utilitarian Attitude, Hedonic Attitude, Impulsive Buying, Streamer Attractiveness, Streamer Real Time Interactions, Utilitarian Attitude, Hedonic Attitude, Impulsive Buying |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Zhafran Farrel Hidayat |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 09:41 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 03:15 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15688 |