RAHMA, Annisa Isna and INDRIANI, Farida,(7 February 2025), Studi Mengenai Peran Consumer Engagement dalam Memediasi Efektivitas Offline Advertisement dan Social Media Content Terhadap Loyalitas Penumpang GoRide di Kota Semarang. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (235kB)
![[thumbnail of Abstrak (inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (200kB)
![[thumbnail of Abstak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (233kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (251kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (263kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Persaingan dalam industri transportasi online di Kota Semarang semakin ketat
dengan hadirnya berbagai platform layanan transportasi berbasis aplikasi. Gojek,
sebagai salah satu penyedia layanan transportasi online terbesar, menghadapi
tantangan dari pesaing seperti Grab dan Maxim. Dalam upaya mempertahankan
loyalitas pelanggan, strategi pemasaran yang efektif menjadi sangat penting,
terutama dalam penggunaan offline advertisement dan konten media sosial untuk
meningkatkan consumer engagement.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran consumer engagement dalam
memediasi efektivitas offline advertisement dan konten sosial media terhadap
loyalitas pelanggan GoRide di Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan
pendekatan kuantitatif menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 200
responden. Variabel yang diteliti meliputi offline advertisement, social media
content, consumer engagement, dan loyalitas pelanggan. Metode analisis data
menggunakan Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa offline advertisement dan konten media sosial
memiliki pengaruh positif terhadap consumer engagement. Selain itu, consumer
engagement secara signifikan memediasi hubungan antara iklan offline dan konten
media sosial terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini juga menemukan bahwa
konsistensi dalam penyampaian iklan dan relevansi konten media sosial
meningkatkan keterlibatan konsumen dan memperkuat loyalitas terhadap layanan
GoRide.
Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi Gojek dalam mengembangkan
strategi pemasaran yang lebih efektif, serta memperkaya literatur akademik terkait
peran consumer engagement dalam industri transportasi online.
Keywords : | offline advertisement, social media content, consumer engagement, customer loyalty, online transportation, offline advertisement, social media content, consumer engagement, loyalitas konsumen, transportasi online |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Annisa Isna Rahma |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 09:23 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 08:59 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15722 |