Studi Mengenai Peran Consumer Engagement dalam Memediasi Efektivitas Offline Advertisement dan Social Media Content Terhadap Loyalitas Penumpang GoRide di Kota Semarang

RAHMA, Annisa Isna and INDRIANI, Farida,(7 February 2025), Studi Mengenai Peran Consumer Engagement dalam Memediasi Efektivitas Offline Advertisement dan Social Media Content Terhadap Loyalitas Penumpang GoRide di Kota Semarang. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (235kB)
[thumbnail of Abstrak (inggris)] Text (Abstrak (inggris)) - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Abstak (Indonesia)] Text (Abstak (Indonesia)) - Published Version
Download (233kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (251kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (263kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan dalam industri transportasi online di Kota Semarang semakin ketat dengan hadirnya berbagai platform layanan transportasi berbasis aplikasi. Gojek, sebagai salah satu penyedia layanan transportasi online terbesar, menghadapi tantangan dari pesaing seperti Grab dan Maxim. Dalam upaya mempertahankan loyalitas pelanggan, strategi pemasaran yang efektif menjadi sangat penting, terutama dalam penggunaan offline advertisement dan konten media sosial untuk meningkatkan consumer engagement. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran consumer engagement dalam memediasi efektivitas offline advertisement dan konten sosial media terhadap loyalitas pelanggan GoRide di Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 200 responden. Variabel yang diteliti meliputi offline advertisement, social media content, consumer engagement, dan loyalitas pelanggan. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa offline advertisement dan konten media sosial memiliki pengaruh positif terhadap consumer engagement. Selain itu, consumer engagement secara signifikan memediasi hubungan antara iklan offline dan konten media sosial terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini juga menemukan bahwa konsistensi dalam penyampaian iklan dan relevansi konten media sosial meningkatkan keterlibatan konsumen dan memperkuat loyalitas terhadap layanan GoRide. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi Gojek dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif, serta memperkaya literatur akademik terkait peran consumer engagement dalam industri transportasi online.
Keywords : offline advertisement, social media content, consumer engagement, customer loyalty, online transportation, offline advertisement, social media content, consumer engagement, loyalitas konsumen, transportasi online
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Annisa Isna Rahma
Date Deposited: 07 Feb 2025 09:23
Last Modified: 11 Feb 2025 08:59
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15722

Actions (login required)

View Item
View Item