PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCERS PADA SOCIAL MEDIA INSTAGRAM TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK CITRA BODY LOTION DI KOTA SEMARANG

AZIZAH, Ana Sagita Lailatul and INDRIANI, Farida,(5 February 2025), PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCERS PADA SOCIAL MEDIA INSTAGRAM TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK CITRA BODY LOTION DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (212kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (191kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (191kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (259kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (232kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat telah mengubah strategi pemasaran, khususnya melalui pemanfaatan platform media sosial seperti Instagram. Penelitian ini mengkaji pengaruh kredibilitas influencer terhadap sikap merek (brand attitude) dan niat pembelian (purchase intention), dengan fokus pada produk Citra body lotion dan menyasar konsumen beauty product di Kota Semarang. Dengan menggunakan Teori Kredibilitas Sumber (Source credibility theory) sebagai landasan, penelitian ini mengeksplorasi peran kepercayaan, keahlian, dan kualitas informasi influencer dalam membentuk sikap dan niat pembekonsumen. Survei dilakukan pada 100 responden pengguna aktif Instagram yang mengenal produk Citra. Data dianalisis menggunakan PLS-SEM melalui SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trustworthiness dan expertise influencer berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, sedangkan trustworthiness dan information quality memengaruhi brand attitude. Brand attitude terbukti memediasi hubungan trustworthiness dan information quality terhadap purchase intention secara signifikan. Namun, expertise terhadap brand attitude serta information quality terhadap purchase intention tidak signifikan. Strategi pemasaran berbasis influencer di media sosial, khususnya Instagram, dapat menjadi alat yang efektif untuk membangun brand attitude dan purchase intention, terutama pada produk perawatan kulit seperti Citra Body Lotion. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis bagi perusahaan untuk memilih influencer dengan tingkat kepercayaan, keahlian, dan kualitas informasi yang tinggi agar mampu meningkatkan daya saing di pasar.
Keywords : Influencers credibility, brand attitude, purchase intention, Source Credibility Theory, Citra Body Lotion, Kredibilitas influencers, brand attitude, purchase intention, source credibility theory
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Ana Sagita Lailatul Azizah
Date Deposited: 07 Feb 2025 09:25
Last Modified: 11 Feb 2025 07:38
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15725

Actions (login required)

View Item
View Item