AZIZAH, Ana Sagita Lailatul and INDRIANI, Farida,(5 February 2025), PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCERS PADA SOCIAL MEDIA INSTAGRAM TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK CITRA BODY LOTION DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (212kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (191kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (191kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (259kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (232kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi digital yang pesat telah mengubah strategi pemasaran, khususnya melalui pemanfaatan platform media sosial seperti Instagram. Penelitian ini mengkaji pengaruh kredibilitas influencer terhadap sikap
merek (brand attitude) dan niat pembelian (purchase intention), dengan fokus pada produk Citra body lotion dan menyasar konsumen beauty product di Kota Semarang. Dengan menggunakan Teori Kredibilitas Sumber (Source credibility
theory) sebagai landasan, penelitian ini mengeksplorasi peran kepercayaan, keahlian, dan kualitas informasi influencer dalam membentuk sikap dan niat pembekonsumen.
Survei dilakukan pada 100 responden pengguna aktif Instagram yang mengenal produk Citra. Data dianalisis menggunakan PLS-SEM melalui SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trustworthiness dan expertise influencer berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, sedangkan trustworthiness dan information quality memengaruhi brand attitude. Brand attitude terbukti memediasi hubungan trustworthiness dan information quality terhadap purchase
intention secara signifikan. Namun, expertise terhadap brand attitude serta information quality terhadap purchase intention tidak signifikan.
Strategi pemasaran berbasis influencer di media sosial, khususnya Instagram, dapat menjadi alat yang efektif untuk membangun brand attitude dan purchase intention, terutama pada produk perawatan kulit seperti Citra Body
Lotion. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis bagi perusahaan untuk memilih influencer dengan tingkat kepercayaan, keahlian, dan kualitas informasi
yang tinggi agar mampu meningkatkan daya saing di pasar.
Keywords : | Influencers credibility, brand attitude, purchase intention, Source Credibility Theory, Citra Body Lotion, Kredibilitas influencers, brand attitude, purchase intention, source credibility theory |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Ana Sagita Lailatul Azizah |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 09:25 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 07:38 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15725 |