PUTRI, Al Tasya Danti Mutiara and BATU, Kardison Lumban,(22 January 2025), ANALISA PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING (CRM) TERHADAP KOMITMEN PELANGGAN PADA PT. INTERNET MULIA UNTUK NEGERI DI SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (19kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (7kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (9kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (70kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (171kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yakni guna merumuskan serta menyelidiki model
teoritis yang menguji hubungan antara relationship communication, kualitas
komunikasi, kepercayaan pelanggan, brand image terhadap komitmen pelanggan
pada pelanggan PT. Internet Mulia untuk Negeri (NEXA) di kota Semarang.
Penelitian ini dilakukan dalam konteks commitment-trust theory beserta teori
pertukaran social (social exchange theory) dan juga teori Stimulus-Organisme-
Respons (S-O-R). Studi ini melibatkan 115 responden yang merupakan pelanggan
PT. Internet Mulia untuk Negeri (NEXA) di kota Semarang. Structural Equation
Modeling (SEM) ialah teknik analisa yang dipergunakan untuk analisis dan
interpretasi data, yang diolah melalui software IBM SPSS AMOS 2023.
Hasil dari penelitian memperlihatkan jika hipotesis yang diuji diterima.
Relationship communication mampu memberikan pengaruh brand image dan
kepercayaan pelanggan secara signifikan dan positif. kualitas komunikasi mampu
memberikan pengaruh brand image dan kepercayaan pelanggan secara signifikan
dan positif. Brand image dan kepercayaan pelanggan mampu memberikan
pengaruh komitmen pelanggan secara signifikan dan posiif. selain itu kualitas
komunikasi mampu mempengaruhi komitmen pelanggan secara signifikan dan
positif. Temuan ini memperkaya literatur yang ada terkait pentingnya komitmen
pelanggan. penelitian ini juga memberikan wawasan baru dan menyempurnakan
strategi untuk meningkatkan komitmen dan keberlanjutan bisnis. kontribusi orisinal
dari penelitian ini terletak pada penerapan commitment-trust theory, teori
pertukaran social (social exchange theory) dan juga teori Stimulus-Organisme-
Respons (S-O-R) yang berfokus pada pelanggan PT. Internet Mulia untuk Negeri
(NEXA) di Kota Semarang. selain memperluas empiris, penelitian ini juga
memberikan wawasan yang dapat diimplementasikan oleh praktisi untuk
mengoptimalkan kinerja bisnis.
Keywords : | Relationship Communication, Communication Quality, Brand Image, Customer Trust, Customer Commitment, Customer Relationship Marketing., Relationship Communication, kualitas komunikasi, brand image, kepercayaan pelanggan, komitmen pelanggan, customer relationship marketing |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Al Tasya Danti Mutiara Putri |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 06:07 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 06:11 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15747 |