ANALISA PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING (CRM) TERHADAP KOMITMEN PELANGGAN PADA PT. INTERNET MULIA UNTUK NEGERI DI SEMARANG

PUTRI, Al Tasya Danti Mutiara and BATU, Kardison Lumban,(22 January 2025), ANALISA PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING (CRM) TERHADAP KOMITMEN PELANGGAN PADA PT. INTERNET MULIA UNTUK NEGERI DI SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (19kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (9kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (70kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (171kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yakni guna merumuskan serta menyelidiki model teoritis yang menguji hubungan antara relationship communication, kualitas komunikasi, kepercayaan pelanggan, brand image terhadap komitmen pelanggan pada pelanggan PT. Internet Mulia untuk Negeri (NEXA) di kota Semarang. Penelitian ini dilakukan dalam konteks commitment-trust theory beserta teori pertukaran social (social exchange theory) dan juga teori Stimulus-Organisme- Respons (S-O-R). Studi ini melibatkan 115 responden yang merupakan pelanggan PT. Internet Mulia untuk Negeri (NEXA) di kota Semarang. Structural Equation Modeling (SEM) ialah teknik analisa yang dipergunakan untuk analisis dan interpretasi data, yang diolah melalui software IBM SPSS AMOS 2023. Hasil dari penelitian memperlihatkan jika hipotesis yang diuji diterima. Relationship communication mampu memberikan pengaruh brand image dan kepercayaan pelanggan secara signifikan dan positif. kualitas komunikasi mampu memberikan pengaruh brand image dan kepercayaan pelanggan secara signifikan dan positif. Brand image dan kepercayaan pelanggan mampu memberikan pengaruh komitmen pelanggan secara signifikan dan posiif. selain itu kualitas komunikasi mampu mempengaruhi komitmen pelanggan secara signifikan dan positif. Temuan ini memperkaya literatur yang ada terkait pentingnya komitmen pelanggan. penelitian ini juga memberikan wawasan baru dan menyempurnakan strategi untuk meningkatkan komitmen dan keberlanjutan bisnis. kontribusi orisinal dari penelitian ini terletak pada penerapan commitment-trust theory, teori pertukaran social (social exchange theory) dan juga teori Stimulus-Organisme- Respons (S-O-R) yang berfokus pada pelanggan PT. Internet Mulia untuk Negeri (NEXA) di Kota Semarang. selain memperluas empiris, penelitian ini juga memberikan wawasan yang dapat diimplementasikan oleh praktisi untuk mengoptimalkan kinerja bisnis.
Keywords : Relationship Communication, Communication Quality, Brand Image, Customer Trust, Customer Commitment, Customer Relationship Marketing., Relationship Communication, kualitas komunikasi, brand image, kepercayaan pelanggan, komitmen pelanggan, customer relationship marketing
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Al Tasya Danti Mutiara Putri
Date Deposited: 12 Feb 2025 06:07
Last Modified: 12 Feb 2025 06:11
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15747

Actions (login required)

View Item
View Item