PENGARUH TIME PRESSURE CONDITION TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING: Studi Pada Konsumen Live Streaming Shopping TikTok

CIKASEMA, Maryam and DIRGANTARA, I Made Bayu,(11 February 2025), PENGARUH TIME PRESSURE CONDITION TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING: Studi Pada Konsumen Live Streaming Shopping TikTok. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (92kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (57kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (60kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (220kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

TikTok pada pertengahan tahun 2021 mengeluarkan fitur TikTok Shop dengan live streaming. Live streaming shopping di aplikasi TikTok telah menjadi salah satu bentuk kegiatan belanja yang mulai meluas pada saat COVID. Salah satu keunggulan aplikasi TikTok pada fitur TikTok Shop yang memanfaatkan keunggulan video pendek yang tidak hanya menghibur tetapi juga informatif dalam mempromosikan produk. Konten yang ditampilkan sering kali berisi ulasan, demonstrasi, atau tips penggunaan produk secara kreatif, membuat produk lebih mudah dipahami oleh calon pembeli. Saat berjualan secara live streaming di TikTok shop, host yang merupakan pemandu berjalannya live streaming biasanya menggunakan strategi pemasaran berupa promosi berbatas waktu memberikan promosi dengan batasan waktu yang menimbulkan rasa desakan untuk segera membuat keputusan terhadap pembelian yang tiba-tiba. Penelitian ini mereplikasi sebagian dari penelitian terdahulu, penulis ingin membawa model penelitian tersebut di Indonesia untuk mengetahui apakah hasil penelitian tersebut berlaku di Indonesia atau tidak, dimana secara budaya Indonesia cenderung kolektivis dan China individualis. Tujuan dari penelitian selain untuk mengisi gap tersebut untuk melihat apa pengaruh Time Pressure memengaruhi Impulsive Buying secara Cognitive dan Affective, melihat peran Perceived Value sebagai mediator dan mengetahui peran moderasi dari Positive Emotions dan Negative Emotions. Penelitian ini menggunakan metode sampling non-probability, mengambil populasi dari para pengguna TikTok shop di Semarang dengan jumlah sampel yang terdiri dari 238 responden yang memiliki pengalaman live streaming shopping satu kali. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) dengan metode Covariance Based (CB) serta diolah menggunakan software AMOS versi 23. Hasil dari penelitian ini mengonfirmasi Time Pressure memiliki pengaruh positif terhadap Impulsive Buying (Cognitive dan Affective). Perceived Value memiliki pengaruh positif terhadap Impulsive Buying (Cognitive dan Affective) serta signifikan memediasi hubungan antara Time Pressure dan Impulsive Buying (Cognitive dan Affective). Positive Emotions memoderasi secara negatif hubungan antara Time Pressure dan Cognitive Impulsive Buying, sebaliknya Positive Emotions memoderasi secara positif hubungan antara Time Pressure dan Affective Impulsive Buying. Negative Emotions memoderasi secara positif hubungan antara Time Pressure dan Cognitive Impulsive Buying, sebaliknya Negative Emotions memoderasi secara positif hubungan antara Time Pressure dan Affective Impulsive Buying.
Keywords : Online impulsive buying, live streaming e-commerce, time pressure, perceived value, emotions, cognitive and affective impulsive buying., Pembelian impulsif online, e-commerce live streaming, tekanan waktu, nilai yang dirasakan, emosi, pembelian impulsif kognitif dan afektif.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Maryam Cikasema
Date Deposited: 03 Mar 2025 05:44
Last Modified: 03 Mar 2025 05:44
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15819

Actions (login required)

View Item
View Item