PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTENTION KONSUMEN PADA PRODUK MINUMAN DAN BRAND LOYALTY SEBAGAI MEDIASI (Studi pada Konsumen Janji Jiwa di Indonesia)

LATIFA, Aisyah and RAHARDJO, Susilo Toto,(11 February 2025), PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTENTION KONSUMEN PADA PRODUK MINUMAN DAN BRAND LOYALTY SEBAGAI MEDIASI (Studi pada Konsumen Janji Jiwa di Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (196kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (251kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (189kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (841kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (381kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Industri minuman di Indonesia terus menunjukkan perkembangan yang pesat, diikuti dengan persaingan yang semakin ketat, khususnya di kalangan merek lokal. Salah satu merek yang menonjol adalah Kopi Janji Jiwa, yang menghadapi tantangan dalam mempertahankan posisi dari kompetitornya, Kopi Kenangan. Penggunaan media sosial yang semakin luas di Indonesia menawarkan peluang besar bagi perusahaan untuk mempromosikan produk mereka dengan cara yang inovatif dan berbiaya rendah. Dibandingkan Kopi Kenangan, Janji Jiwa memiliki jumlah pengikut yang lebih tinggi pada akun media sosial Instagram, tetapi Janji Jiwa kurang konsisten dalam memanfaatkan media sosial sebagai platform promosi. Data Top Brand Index 2023 menunjukkan Kopi Kenangan menempati posisi pertama, sedangkan Janji Jiwa berada di posisi kedua. Selain itu, Janji Jiwa juga mengalami penurunan kategori kedai kopi lokal terfavorit di Indonesia pada tahun 2023 dan lebih diungguli oleh Kopi Kenangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran media sosial dan citra merek terhadap niat pembelian melalui loyalitas merek sebagai variabel mediasi pada konsumen Kopi Janji Jiwa di Indonesia. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 116 responden yang dipilih dengan metode purposive sampling dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah menyebar kuesioner secara online. Data yang telah diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan menerapkan metode Structural Equation Model (SEM) dengan AMOS versi 23 sebagai alat pengolahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran media sosial dan loyalitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian, serta pemasaran media sosial dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek.
Keywords : Social Media Marketing, Brand Image, Brand Loyalty, Purchase Intention, Pemasaran Media Sosial, Citra Merek, Loyalitas Merek, Niat Pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Aisyah Latifa
Date Deposited: 03 Mar 2025 06:47
Last Modified: 03 Mar 2025 06:47
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15823

Actions (login required)

View Item
View Item