HANDAYANI, Alfinia Salma and DARMASTUTI, Ismi and Handayani, Alfinia,(10 February 2025), ANALISIS PENGARUH JOB CRAFTING TERHADAP INTENTION TO STAY DENGAN MEANINGFULNESS IN WORK DAN WORK ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Karyawan Generasi Y dan Generasi Z di Perusahaan Start-Up Jakarta). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (13kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (65kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (6kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (220kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (150kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh job crafting terhadap intention to stay dengan work engagement dan meaningfulness in work sebagai variabel mediasi pada karyawan Generasi Y dan Generasi Z di perusahaan start-up di Jakarta. Perkembangan teknologi yang pesat dan perubahan lingkungan kerja telah meningkatkan mobilitas tenaga kerja muda, sehingga organisasi perlu menerapkan strategi efektif untuk mempertahankan karyawan berbakat.
Dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, data dikumpulkan dari 130 responden yang bekerja di perusahaan start-up di Jakarta. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) melalui perangkat lunak AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa job crafting berpengaruh signifikan terhadap intention to stay. Selain itu, work engagement dan meaningfulness in work berperan sebagai variabel mediasi yang memperkuat hubungan tersebut. Temuan ini menegaskan bahwa karyawan yang secara aktif menyesuaikan peran pekerjaannya dan menemukan makna dalam pekerjaan mereka cenderung memiliki niat lebih tinggi untuk tetap bertahan di organisasi.
Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi perusahaan start-up untuk menerapkan strategi job crafting guna meningkatkan keterlibatan karyawan serta menciptakan pengalaman kerja yang bermakna. Dengan memahami preferensi dan harapan karyawan Generasi Y dan Generasi Z, organisasi dapat meningkatkan retensi tenaga kerja dan mendukung pertumbuhan jangka panjang.
Keywords : | Job Crafting, Intention to Stay, Work Engagement, Meaningfulness in Work, Generation Y, Generation Z, Start-Ups, Job Crafting, Intention to Stay, Work Engagement, Meaningfulness in Work, Generasi Y, Generasi Z, Start-Up |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Alfinia Salma Handayani |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 07:54 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 07:54 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15846 |