FERLIANDO, SENA KEVIN and BATU, Kardison Lumban,(26 February 2025), STRATEGI DALAM PENGEMBANGAN KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK DEPARTEMEN MOLD ENGINEERING , IMPLEMENTASI THEORY OF REASONED ACTION (TRA) DAN TECHNOLOGICAL ACCEPTANED MODEL (TAM ) studi kasus PT. HARTONO ISTANA TEKNOLOGI (POLYTRON). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (526kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (616kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (528kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (545kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (570kB)
![[thumbnail of Full Text PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini berjudul "Strategi dalam Pengembangan Kualitas Pelayanan
dan Produk Departemen Mold Engineering: Implementasi Theory of Reasoned
Action (TRA) dan Technological Acceptance Model (TAM) Studi Kasus PT.
Hartono Istana Teknologi (POLYTRON)." Latar belakang penelitian ini berfokus
pada pentingnya kualitas pelayanan dan produk di era persaingan industri yang
ketat. PT. Hartono Istana Teknologi, sebagai produsen elektronik terkemuka di
Indonesia, perlu meningkatkan inovasi dan efisiensi dalam proses produksi untuk
memenuhi harapan pelanggan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pengembangan
kualitas pelayanan dan produk di Departemen Mold Engineering, serta
mengevaluasi pengaruh variabel strategi kualitas, investasi teknologi, pelatihan
karyawan, dan strategi differensiasi produk terhadap kepuasan pelanggan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui
kuesioner yang disebarkan kepada 383 responden pelanggan yang menggunakan
jasa Departemen Mold Engineering.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi kualitas produk,
investasi teknologi, dan pelatihan karyawan memiliki pengaruh signifikan terhadap
kualitas pelayanan. Secara spesifik, nilai critical ratio (C.R) untuk strategi kualitas
produk adalah 2,642 (p = 0,008), investasi teknologi 4,045 (p < 0,001), dan
pelatihan karyawan 5,643 (p < 0,001). Namun, strategi differensiasi produk tidak
menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan (C.R = 0,343, p =
0,732). Selain itu, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan
pelanggan dengan C.R 6,059 (p < 0,001).
Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa peningkatan kualitas pelayanan di
Departemen Mold Engineering dapat dicapai melalui penerapan strategi kualitas
produk yang efektif, investasi dalam teknologi, dan pelatihan karyawan yang
berkelanjutan. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi manajemen untuk terus
meningkatkan kualitas pelayanan dan produk agar sesuai dengan harapan
pelanggan.
Keywords : | Service quality, product, technology investment, employee training, customer satisfaction, Theory of Reasoned Action (TRA), Technological Acceptance Model (TAM), Kualitas pelayanan, produk, investasi teknologi, pelatihan karyawan, kepuasan pelanggan, Theory of Reasoned Action (TRA), Technological Acceptance Model (TAM) |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Sena Kevin Ferliando |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 01:37 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 01:39 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15859 |