ANALISIS KEUNGGULAN KOMPARATIF LAYANAN CARfix TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI PADA KUALITAS LAYANAN CARfix JAWA TENGAH)

SUMARGO, Albertus Setyo and BATU, Kardison Lumban,(26 February 2025), ANALISIS KEUNGGULAN KOMPARATIF LAYANAN CARfix TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI PADA KUALITAS LAYANAN CARfix JAWA TENGAH). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (18kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (8kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (46kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (87kB)
[thumbnail of Full Text PDF Bookmark] Text (Full Text PDF Bookmark)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul "Analisis Keunggulan Komparatif Layanan CARfix Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi pada Kualitas Layanan CARfix Jawa Tengah)" bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara kualitas layanan yang dirasakan oleh pelanggan dan loyalitas mereka terhadap layanan perbaikan kendaraan yang disediakan oleh CARfix. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan perilaku konsumen akibat pandemi COVID-19, yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan dalam memilih layanan perbaikan kendaraan. Metodologi yang digunakan adalah survei dengan pengumpulan data primer dari 383 responden yang merupakan pengguna layanan CARfix di Jawa Tengah. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM AMOS Ver 22) untuk menguji hipotesis yang berkaitan dengan variabel independen (Perceived Service Quality, Perceived Trust, Perceived Value, dan Perceived Convenience), variabel mediasi (Comparative Benefit Advantage), dan variabel dependen (Customer Loyalty). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Service Quality dan Comparative Benefit Advantage memiliki pengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty, sementara Perceived Trust, Perceived Value, dan Perceived Convenience tidak menunjukkan pengaruh langsung yang signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelanggan lebih memprioritaskan kualitas layanan dan keunggulan kompetitif dalam membangun loyalitas mereka. Dari hasil penelitian, disarankan agar CARfix terus meningkatkan kualitas layanan, transparansi, dan kenyamanan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi literatur tentang loyalitas konsumen di sektor perbaikan kendaraan dan memberikan wawasan bagi perusahaan dalam merumuskan strategi layanan yang lebih efektif.
Keywords : CARfix, Perceived Service Quality, Perceived Trust, Perceived Value, Perceived Convenience, Comparative Benefit Advantage, dan Customer Loyalty, CARfix, Perceived Service Quality, Perceived Trust, Perceived Value, Perceived Convenience, Comparative Benefit Advantage, dan Customer Loyalty
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Setyo Albertus Sumargo
Date Deposited: 11 Mar 2025 03:42
Last Modified: 11 Mar 2025 03:42
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15863

Actions (login required)

View Item
View Item