SUMARGO, Albertus Setyo and BATU, Kardison Lumban,(26 February 2025), ANALISIS KEUNGGULAN KOMPARATIF LAYANAN CARfix TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI PADA KUALITAS LAYANAN CARfix JAWA TENGAH). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (18kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (7kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (8kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (46kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (87kB)
![[thumbnail of Full Text PDF Bookmark]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini berjudul "Analisis Keunggulan Komparatif Layanan CARfix Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi pada Kualitas Layanan CARfix Jawa Tengah)" bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara kualitas layanan yang dirasakan oleh pelanggan dan loyalitas mereka terhadap layanan perbaikan kendaraan yang disediakan oleh CARfix. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan perilaku konsumen akibat pandemi COVID-19, yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan dalam memilih layanan perbaikan kendaraan.
Metodologi yang digunakan adalah survei dengan pengumpulan data primer dari 383 responden yang merupakan pengguna layanan CARfix di Jawa Tengah. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM AMOS Ver 22) untuk menguji hipotesis yang berkaitan dengan variabel independen (Perceived Service Quality, Perceived Trust, Perceived Value, dan Perceived Convenience), variabel mediasi (Comparative Benefit Advantage), dan variabel dependen (Customer Loyalty). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Service Quality dan Comparative Benefit Advantage memiliki pengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty, sementara Perceived Trust, Perceived Value, dan Perceived Convenience tidak menunjukkan pengaruh langsung yang signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelanggan lebih memprioritaskan kualitas layanan dan keunggulan kompetitif dalam membangun loyalitas mereka.
Dari hasil penelitian, disarankan agar CARfix terus meningkatkan kualitas layanan, transparansi, dan kenyamanan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi literatur tentang loyalitas konsumen di sektor perbaikan kendaraan dan memberikan wawasan bagi perusahaan dalam merumuskan strategi layanan yang lebih efektif.
Keywords : | CARfix, Perceived Service Quality, Perceived Trust, Perceived Value, Perceived Convenience, Comparative Benefit Advantage, dan Customer Loyalty, CARfix, Perceived Service Quality, Perceived Trust, Perceived Value, Perceived Convenience, Comparative Benefit Advantage, dan Customer Loyalty |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Setyo Albertus Sumargo |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 03:42 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 03:42 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15863 |