WIJATI, Monica and BATU, Kardison Lumban,(26 February 2025), ANALISIS ANTESEDEN EXPORT ENTREPRENEURSHIP, COMPETITIVE ADVANTAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING, PRESPEKTIF TEORI : RBV dan RAToC (Studi Kasus pada UMKM Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Go Export). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (258kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (70kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (71kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (90kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (179kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Green Supply Chain Management (GSCM) terhadap kinerja ekspor UMKM di Indonesia, dengan mempertimbangkan peran Competitive Advantage sebagai variabel intervening serta pengaruh moderasi Marketing Sensing Capability dan Explorative Green Product Capacity. Menggunakan Structural Equation Modeling (SEM-AMOS) pada sampel 101 UMKM, hasil penelitian menunjukkan bahwa GSCM secara signifikan positif mempengaruhi kinerja ekspor melalui peningkatan Competitive Advantage. Explorative Green Product Capacity juga secara signifikan positif mempengaruhi baik Competitive Advantage maupun kinerja ekspor, menunjukkan pentingnya inovasi produk hijau dalam meningkatkan daya saing dan ekspor. Marketing Sensing Capability tidak terbukti secara signifikan mempengaruhi hubungan antara variabel lainnya.
Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan GSCM yang baik dapat meningkatkan kinerja ekspor UMKM melalui penciptaan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Perusahaan yang mampu mengembangkan produk hijau yang inovatif dan memiliki kemampuan untuk merespons dinamika pasar dengan cepat akan lebih berhasil dalam memasuki pasar ekspor. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi UMKM dan pembuat kebijakan dalam mendorong pertumbuhan ekspor yang berkelanjutan.
Keywords : | Green Supply Chain Management, SMEs, Export Performance, Competitive Advantage, Marketing Sensing Capability, Explorative Green Product Capacity, SEM-AMOS, Green Supply Chain Management, UMKM, Kinerja Ekspor, Competitive Advantage, Marketing Sensing Capability, Explorative Green Product Capacity, SEM-AMOS |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Monica Wijati |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 04:20 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 04:22 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15865 |