KAISER, Edelseele and BATU, Kardison Lumban,(28 February 2025), “STUDI KASUS PURCHASE INTENTION” PRODUK MCDONALD’S: PERAN INTEGRATED PROMOTION SYSTEM PLATFORM SOSIAL MEDIA DAN APLIKASI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (95kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (126kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (133kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (93kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (195kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini berjudul Studi Kasus Purchase Intention Produk Mc Donald’s Peran Integrated Promotion System Platform Media Sosial dan Aplikasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention konsumen dengan mempertimbangkan variabel mediasi Trust, Customer Engagement, dan Consumer-Based Brand Equity.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survei kuesioner yang disebarkan kepada 207 responden yang merupakan pelanggan McDonald's di Kota Semarang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Trust, Customer Engagement, dan Consumer-Based Brand Equity. Namun, pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention tidak signifikan dan bahkan menunjukkan hubungan negatif. Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun Social media Marketing dapat meningkatkan Trust, Customer Engagement, dan Consumer-Based Brand Equity, hal tersebut tidak cukup untuk mendorong niat pembelian secara langsung. Selain itu, Trust dan Customer Engagement juga tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap Purchase Intention, sedangkan Consumer-Based Brand Equity memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa meskipun Social Media Marketing efektif dalam membangun Trust, Customer Engagement, dan Consumer-Based Brand Equity, upaya McDonalds sebagai Brand sudah berada di tingkat level global perlu dievaluasi untuk menyesuaikan kebutuhan dan ekspektaksi konsumen. Terutama di tengah terjadinya isu konflik negara global saat ini, McDonalds’s dapa memanfaatkan peranan dari integrated promotion system platform sosial media dan aplikasi dalam memberikan informasi terkait produk layanan merek McDonald’s untuk menjangkau konsumen secara luas serta menjaga basis konsumen agar tetap kuat yang bertujuan mempertahankan posisi McDonald’s sebagai Top Franchise Global Brand.
Saran untuk penelitian mendatang mencakup perlunya eksplorasi lebih lanjut mengenai variabel lain yang dapat memediasi atau memoderasi hubungan antara Social Media Marketing dan Purchase Intention, serta melakukan penelitian di lokasi yang lebih luas untuk meningkatkan generalisasi hasil.
Keywords : | Social Media Marketing, Purchase Intention, S-O-R Theory, Boycott, McDonald’s., Social Media Marketing, Purchase Intention, S-O-R Theory, Boikot, McDonald’s. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Bachelor Edelseele Kaiser |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 06:27 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 06:27 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15890 |