AYESHA, Nadia Falah and MAHFUDZ, Mahfudz,(5 March 2025), ANALISIS HUBUNGAN EXPECTED PRICE LOSS TERHADAP WEBROOMING MELALUI UTILITARIAN VALUE DAN HEDONIC VALUE (Studi pada Pelanggan Toko Najmia Beauty Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (30kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (7kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (8kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (27kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (97kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Industri kosmetik Indonesia tumbuh pesat sejak 2020, didorong oleh
kesadaran akan pentingnya produk kosmetik dan skincare di kalangan generasi
muda, serta kemunculan produk lokal yang mempengaruhi tren belanja online.
Namun, pasca-pandemi Covid-19, konsumen kembali lebih memilih toko fisik
untuk membeli produk kecantikan. Banyak yang mencari informasi harga dan
manfaat produk secara online, lalu melakukan pembelian langsung di toko fisik,
fenomena yang dikenal dengan webrooming, seperti yang terjadi di Najmia Beauty
Semarang. Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak expected price loss
terhadap webrooming, yang dimediasi oleh utilitarian value dan hedonic value.
Selain itu, penelitian ini juga menguji pengaruh Theory of Planned Behaviour
(TPB) dan Technology Acceptance Model (TAM) terhadap perceived value
pelanggan terkait perilaku webrooming.
Metode kuantitatif digunakan, yaitu Structural Equation Modeling (SEM),
dengan analisis data yang diproses menggunakan AMOS 24. Penelitian ini
berlangsung selama 51 hari, dengan populasi yang terdiri dari 200 pelanggan
Najmia Beauty Semarang. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah
survei, dengan alat pengumpulan data berupa kuesioner yang diukur dengan skala
Likert 1-10, kemudian disebarkan kepada responden untuk menguji hipotesis
kepada responden yang berdomisili di Kota Semarang dan pernah melakukan
pembelian produk kecantikan di toko fisik Najmia Beauty Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa expected price loss memengaruhi
utilitarian value dan hedonic value konsumen yang terkait dengan keputusan
pembelian. Perilaku webrooming dipengaruhi oleh utilitarian value dan hedonic
value. Selain itu, kedua variabel intervening berhasil memediasi hubungan antara
variabel dependen dan independen tersebut.
Keywords : | Expected Price Loss, Utilitarian Value, Hedonic Value, Webrooming, Perceived Value, Retail Marketing, Expected Price Loss, Utilitarian Value, Hedonic Value, Webrooming, Perceived Value, Retail Marketing |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nadia Ayesha |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 07:42 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 07:42 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15891 |