AZZAHRA, Prida Najwa and ASTUTI, Sri Rahayu Tri,(17 March 2025), STUDI MENGENAI LOYALITAS PELANGGAN JASA TRANSPORTASI BUS DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (191kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (221kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (224kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (299kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (260kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Industri transportasi berkembang pesat seiring dengan perubahan gaya hidup dan meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap layanan yang lebih baik. Namun, di tengah pertumbuhan ini, khususnya perusahaan jasa transportasi bus
tengah mengahadapi tantangan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan akibat persaingan ketat, ulasan negatif, serta permasalahan seperti kecalakaan yang dapat mempengaruhi citra merek perusahaan. Dalam konteks ini, penelitian
menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB) sebagai pendekatan teoritis untuk memahami bagaimana kualitas layanan, pengalaman pelanggan, dan citra merek
memengaruhi loyalitas pelanggan, dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. TPB menekankan bahwa perilaku pelanggan dipengaruhi oleh sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku, sehingga faktor-faktor tersebut
berperan dalam membentuk loyalitas terhadap layanan transportasi bus.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan yang telah menggunakan layanan PO Bus Rosalia Indah lebih dari satu kali selama 1 tahun
terakhir di Kota Semarang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 130 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Data yang telah dikumpulkan diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis AMOS 22.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, pengalaman pelanggan, dan citra merek berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan juga berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Selain
itu, kepuasan pelanggan terbukti memediasi pengaruh kualitas layanan, pengalaman pelanggan, dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan. Temuan ini mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, PO Bus Rosalia Indah perlu fokus pada peningkatan kualitas layanan, enciptakan pengalaman pelanggan yang positif, serta membangun citra merek yang kuat
Keywords : | Service quality, brand image, customer loyalty, Theory of Planned Behavior, Kualitas layanan, loyalitas pelanggan, Jasa transportasi bus, Theory of Planned Behavior |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Prida Najwa Azzahra |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 01:40 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 01:40 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15947 |