Analisis Faktor Content Diversity, Perceived Value, dan Customer Brand Engagement terhadap Brand Loyalty melalui Satisfaction sebagai Variabel Mediasi pada Platform Over-The-Top (OTT) Disney+ Hotstar

SRIYADI, Ratri Kirana Putri and KUSUMAWARDHANI, Amie,(13 March 2025), Analisis Faktor Content Diversity, Perceived Value, dan Customer Brand Engagement terhadap Brand Loyalty melalui Satisfaction sebagai Variabel Mediasi pada Platform Over-The-Top (OTT) Disney+ Hotstar. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (149kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (67kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (64kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (94kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (148kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh content diversity, perceived value, dan customer brand engagement terhadap brand loyalty melalui satisfaction sebagai variabel mediasi pada platform over-the-top (OTT) Disney+ Hotstar. Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna platform streaming digital, pemahaman mengenai faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas merek menjadi semakin penting. Model penelitian dikembangkan berdasarkan teori pemasaran digital dan keterlibatan merek, dengan metode pengumpulan data melalui survei yang melibatkan 143 responden yang merupakan pengguna Disney+ Hotstar di Indonesia. Analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan perangkat lunak AMOS untuk menguji hubungan antara variabel-variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content diversity, perceived value, dan customer brand engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap satisfaction, yang pada gilirannya berpengaruh terhadap brand loyalty. Selain itu, satisfaction terbukti menjadi variabel mediasi yang memperkuat hubungan antara variabel independen dengan loyalitas merek. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa platform OTT perlu terus meningkatkan keragaman konten, nilai yang dirasakan pelanggan, serta keterlibatan pengguna untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Strategi pemasaran yang berfokus pada pengalaman pengguna yang dipersonalisasi dan interaktif dapat membantu mempertahankan pelanggan dalam jangka panjang.
Keywords : Content Diversity, Perceived Value, Customer Brand Engagement, Brand Loyalty, Satisfaction, OTT Platform, Disney+ Hotstar., Keanekaragaman Konten, Nilai yang Dirasakan, Keterlibatan Merek Pelanggan, Loyalitas Merek, Kepuasan, Platform OTT, Disney+ Hotstar.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Ratri Kirana Putri Sriyadi
Date Deposited: 24 Mar 2025 01:24
Last Modified: 24 Mar 2025 01:24
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15952

Actions (login required)

View Item
View Item