PENGARUH PERCEIVED ONLINE CUSTOMER REVIEW USEFULNESS, PERCEIVED ONLINE CUSTOMER REVIEW CREDIBILITY, PERFORMANCE HEURISTICS DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP CONTINUANCE INTENTION PLATFORM USER-GENERATED CONTENT

PRATAMA, Muhammad Argasta Handi and INDRIANI, Farida,(24 March 2025), PENGARUH PERCEIVED ONLINE CUSTOMER REVIEW USEFULNESS, PERCEIVED ONLINE CUSTOMER REVIEW CREDIBILITY, PERFORMANCE HEURISTICS DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP CONTINUANCE INTENTION PLATFORM USER-GENERATED CONTENT. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (37kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (72kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (107kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (180kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi digital telah mendorong peningkatan penggunaan User-Generated Content (UGC) sebagai sumber informasi utama bagi konsumen dalam berbagai industri, termasuk Food and Beverage (F&B). Google Review merupakan salah satu platform UGC yang banyak digunakan dalam pencarian dan evaluasi restoran. Namun, dalam satu tahun terakhir, platform ini mengalami penurunan jumlah pengguna, yang mengindikasikan adanya tantangan dalam mempertahankan Continuance Intention. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keberlanjutan penggunaan Google Review. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui perangkat lunak SmartPLS 4.0. Data dikumpulkan melalui survei kuesioner dari 100 pengguna aktif Google Review di Semarang. Variabel independen yang diteliti meliputi Perceived Online Customer Review Usefulness, Perceived Online Customer Review Credibility, Performance Heuristics, dan Perceived Ease of Use, dengan Continuance Intention sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel independen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Continuance Intention dalam penggunaan Google Review. Temuan ini mengonfirmasi bahwa persepsi pengguna terhadap Perceived Online Customer Review Usefulness, Perceived Online Customer Review Credibility, Performance Heuristics, dan Perceived Ease Of Use berperan penting dalam mempertahankan minat pengguna terhadap platform UGC. Oleh karena itu, pemilik bisnis kuliner dan pengelola platform UGC perlu mengoptimalkan kualitas informasi dan pengalaman pengguna guna meningkatkan keterlibatan jangka panjang pengguna.
Keywords : Perceived Usefulness, Perceived Credibility, Performance Heuristics, Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Perceived Credibility, Performance Heuristics, Perceived Ease of Use
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Argasta Handi
Date Deposited: 24 Mar 2025 05:00
Last Modified: 24 Mar 2025 05:04
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/15966

Actions (login required)

View Item
View Item