WIRYAWAN, Aryaputra laurentius and SUKRESNA, I Made,(21 March 2025), Pengaruh Entertainment Marketing, Desire to Postpone Closure, Consumer Engagement dan Impulsive Buying terhadap Purchase Intention pada Platform TikTok Shop. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (16kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (7kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (7kB)
![[thumbnail of Dafrar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (31kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (245kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Pertumbuhan pesat e-commerce dan platform media sosial telah mengubah
perilaku pembelian konsumen, terutama dengan munculnya TikTok Shop sebagai salah
satu pasar digital utama. Pemasaran melalui video pendek menjadi strategi kunci bagi
bisnis untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan. Namun,
efektivitas pemasaran berbasis hiburan dalam memengaruhi keputusan pembelian
masih perlu diteliti lebih lanjut.
Penelitian ini menganalisis pengaruh entertainment marketing terhadap purchase
intention di TikTok Shop dengan impulsive buying, consumer engagement, dan desire
to postpone closure sebagai variabel mediasi. Studi ini menggunakan teori PleasureArousal-Dominance (PAD) untuk memahami bagaimana konten yang menghibur
membentuk keputusan konsumen.
Pendekatan kuantitatif digunakan dengan mengumpulkan 213 responden yang telah
melakukan pembelian melalui fitur "keranjang kuning" di TikTok. Data dianalisis
menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan model AMOS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa entertainment marketing memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap purchase intention. Selain itu, impulsive buying,
consumer engagement, dan desire to postpone closure berperan sebagai variabel
mediasi. Studi ini menekankan pentingnya strategi pemasaran berbasis hiburan untuk
meningkatkan keterlibatan konsumen, mendorong pembelian impulsif, serta
memengaruhi konsumen yang cenderung menunda keputusan pembelian.
Keywords : | Entertainment Marketing, Consumer Engagement, Impulsive Buying, Purchase Intention, TikTok Shop, Entertainment Marketing, Consumer Engagement, Impulsive Buying, Purchase Intention, TikTok Shop |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Aryaputra Laurentius Wiryawan |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 02:54 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 02:54 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16035 |