Pengaruh Entertainment Marketing, Desire to Postpone Closure, Consumer Engagement dan Impulsive Buying terhadap Purchase Intention pada Platform TikTok Shop

WIRYAWAN, Aryaputra laurentius and SUKRESNA, I Made,(21 March 2025), Pengaruh Entertainment Marketing, Desire to Postpone Closure, Consumer Engagement dan Impulsive Buying terhadap Purchase Intention pada Platform TikTok Shop. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (16kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Dafrar Isi] Text (Dafrar Isi) - Published Version
Download (31kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (245kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan pesat e-commerce dan platform media sosial telah mengubah perilaku pembelian konsumen, terutama dengan munculnya TikTok Shop sebagai salah satu pasar digital utama. Pemasaran melalui video pendek menjadi strategi kunci bagi bisnis untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan. Namun, efektivitas pemasaran berbasis hiburan dalam memengaruhi keputusan pembelian masih perlu diteliti lebih lanjut. Penelitian ini menganalisis pengaruh entertainment marketing terhadap purchase intention di TikTok Shop dengan impulsive buying, consumer engagement, dan desire to postpone closure sebagai variabel mediasi. Studi ini menggunakan teori PleasureArousal-Dominance (PAD) untuk memahami bagaimana konten yang menghibur membentuk keputusan konsumen. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan mengumpulkan 213 responden yang telah melakukan pembelian melalui fitur "keranjang kuning" di TikTok. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan model AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entertainment marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Selain itu, impulsive buying, consumer engagement, dan desire to postpone closure berperan sebagai variabel mediasi. Studi ini menekankan pentingnya strategi pemasaran berbasis hiburan untuk meningkatkan keterlibatan konsumen, mendorong pembelian impulsif, serta memengaruhi konsumen yang cenderung menunda keputusan pembelian.
Keywords : Entertainment Marketing, Consumer Engagement, Impulsive Buying, Purchase Intention, TikTok Shop, Entertainment Marketing, Consumer Engagement, Impulsive Buying, Purchase Intention, TikTok Shop
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Aryaputra Laurentius Wiryawan
Date Deposited: 27 Mar 2025 02:54
Last Modified: 27 Mar 2025 02:54
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16035

Actions (login required)

View Item
View Item