PENGARUH INTERAKSI VIDEO LIVE STREAMING TERHADAP NIAT PEMBELIAN PADA KONSUMEN DENGAN KETIDAKPASTIAN PRODUK DAN REKOMENDASI POSITIF DARI MULUT KE MULUT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Tiktok di Indonesia)

SHOLLIKHA, Shallisa Mar'atus and SOESANTO, Harry,(7 May 2025), PENGARUH INTERAKSI VIDEO LIVE STREAMING TERHADAP NIAT PEMBELIAN PADA KONSUMEN DENGAN KETIDAKPASTIAN PRODUK DAN REKOMENDASI POSITIF DARI MULUT KE MULUT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Tiktok di Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (72kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (46kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (188kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh interaksi video live streaming terhadap niat pembelian konsumen, dengan ketidakpastian produk dan rekomendasi positif dari mulut ke mulut sebagai variabel intervening. Fenomena yang diteliti adalah meningkatnya penggunaan fitur live streaming di platform TikTok, yang telah menjadi salah satu strategi pemasaran populer, khususnya dalam menjual produk secara langsung kepada konsumen melalui sesi siaran langsung. Fenomena ini semakin berkembang di Indonesia, di mana banyak pengguna TikTok yang terlibat dalam transaksi pembelian produk yang dipromosikan dan distribusikan melalui live streaming, baik itu produk kecantikan, fashion, hingga elektronik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling, yang terdiri dari purposive sampling dan convenience sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 113 responden, yang merupakan pengguna TikTok di Indonesia yang telah melakukan pembelian melalui fitur live streaming. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebar melalui media sosial dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi video live streaming memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ketidakpastian produk, dan ketidakpastian produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap rekomendasi positif dari mulut ke mulut. Selanjutnya, interaksi live streaming, ketidakpastian produk, dan rekomendasi positif dari mulut ke mulut terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian konsumen. Implikasi teoritis dan praktis dari penelitian ini memberikan wawasan kepada pelaku bisnis dan pemasar tentang bagaimana memanfaatkan fitur live streaming sebagai strategi pemasaran digital yang efektif serta untuk memahami perilaku konsumen yang mampu memaksimalkan niat pembelian konsumen.
Keywords : Live Streaming Video Interaction, Product Uncertainty, Positive Word Of-Mouth, Purchase Intention., Interaksi Video Live Streaming, Ketidakpastian Produk, Rekomendasi Positif dari Mulut ke Mulut, Niat Pembelian.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Shallisa Maratus Shollikha
Date Deposited: 16 May 2025 06:39
Last Modified: 16 May 2025 06:39
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16139

Actions (login required)

View Item
View Item