NAZNEEN, Shazia Dea and DIRGANTARA, I Made Bayu,(26 May 2025), Dari Kualitas Menjadi Loyalitas: Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Niat Pembelian Ulang pada Layanan Pesan-Antar Makanan Online. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
![[thumbnail of Cover]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (219kB)
![[thumbnail of Abstrak (Inggris)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (110kB)
![[thumbnail of Abstrak (Indonesia)]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (122kB)
![[thumbnail of Daftar Isi]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (133kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Download (251kB)
![[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks]](https://repofeb.undip.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Pertumbuhan pesat layanan pesan antar makanan online di Asia Tenggara, yang dipercepat oleh kemajuan teknologi dan pandemi COVID-19, telah mengubah perilaku konsumen, terutama di Indonesia. Penelitian ini mengkaji pengaruh kualitas layanan terhadap niat pembelian ulang, dengan kepuasan konsumen dan identifikasi konsumen-perusahaan sebagai mediator, dengan fokus pada kota-kota besar di Pulau Jawa, Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, dan Semarang.
Menggunakan model SERVQUAL dan Teori Identitas Sosial, penelitian ini menerapkan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan AMOS 24 untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari 200 responden yang berusia lebih dari 17 tahun dan aktif menggunakan platform seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood. Pengambilan sampel secara convenience melalui kuesioner online mengungkapkan bahwa kualitas layanan secara signifikan meningkatkan kepuasan konsumen dan memperkuat identifikasi konsumen-perusahaan, yang keduanya berperan positif dalam mendorong niat pembelian ulang.
Temuan ini menekankan peran penting layanan yang andal, responsif, dan personalisasi dalam membangun loyalitas di pasar layanan pesan antar makanan digital yang kompetitif di Indonesia. Penelitian ini memberikan wawasan teoretis tentang dinamika kualitas layanan serta rekomendasi praktis bagi platform untuk memprioritaskan strategi berfokus pada pelanggan, guna memastikan retensi jangka
panjang di ekonomi yang semakin terdigitalisasi.
Keywords : | Service Quality, Repurchase Intention, Customer Satisfaction, Customer-Company Identification, Online Food Delivery, Indonesia., Kualitas Layanan, Niat Pembelian Ulang, Kepuasan Konsumen, Identifikasi Konsumen-Perusahaan, Layanan Pesan Antar Makanan Online, Indonesia. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Shazia Dea Nazneen |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 08:52 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 08:52 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/16190 |