ANALISIS PENGARUH KESADARAN PELANGGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR DAN PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016)

MUTMAINNAH, Nur Faizatul and GHOZALI, Imam,(20 March 2019), ANALISIS PENGARUH KESADARAN PELANGGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR DAN PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - 12030114140207.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - 12030114140207.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - 12030114140207.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - 12030114140207.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - 12030114140207.pdf] Text - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12030114140207.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesadaran pelanggan berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan dan menganalisis pengungkapan CSR berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016, dengan sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016, sebanyak 66 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 dan database Bloomberg. Variabel indipenden adalah kesadaran pelanggan yang diukur dengan beban iklan dibagi sales dan CSR yang diukur dengan corporate social responsibility disclosure’s index berdasar pedoman Global Reporting Initiative (GRI) versi 3.1. Variabel dependen adalah nilai perusahaan yang diukur dengan Tobin’s Q. Pengujian yang dilakukan adalah uji statistik deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan 1) kesadaran pelanggan secara signifikan berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR, dan 2) pengungkapan CSR secara signifikan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.
Keywords : customer awareness, CSR disclosure, firm value, firm size, leverage, kesadaran pelanggan, pengungkapan CSR, nilai perusahaan, Firm Size, Leverage
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 24 Jan 2020 03:54
Last Modified: 24 Jan 2020 03:54
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1705

Actions (login required)

View Item
View Item