MUTMAINNAH, Nur Faizatul and GHOZALI, Imam,(20 March 2019), ANALISIS PENGARUH KESADARAN PELANGGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR DAN PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesadaran pelanggan berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan dan menganalisis pengungkapan CSR berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016, dengan sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016, sebanyak 66 perusahaan.
Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 dan database Bloomberg. Variabel indipenden adalah kesadaran pelanggan yang diukur dengan beban iklan dibagi sales dan CSR yang diukur dengan corporate social responsibility disclosure’s index berdasar pedoman Global Reporting Initiative (GRI) versi 3.1. Variabel dependen adalah nilai perusahaan yang diukur dengan Tobin’s Q. Pengujian yang dilakukan adalah uji statistik deskriptif dan analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan 1) kesadaran pelanggan secara signifikan berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR, dan 2) pengungkapan CSR secara signifikan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.
Keywords : | customer awareness, CSR disclosure, firm value, firm size, leverage, kesadaran pelanggan, pengungkapan CSR, nilai perusahaan, Firm Size, Leverage |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 24 Jan 2020 03:54 |
Last Modified: | 24 Jan 2020 03:54 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1705 |