PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP TAX AGGRESSIVENESS (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2013- 2015)

NUGRAHA, Muhammad Herjaya and ROHMAN, Abdul,(16 January 2018), PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP TAX AGGRESSIVENESS (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2013- 2015). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S - Cover - 12030111130189.PDF] Text - Published Version
Download (26kB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - 12030111130189.PDF] Text - Published Version
Download (249kB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - 12030111130189.PDF] Text - Published Version
Download (157kB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - 12030111130189.PDF] Text - Published Version
Download (164kB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - 12030111130189.PDF] Text - Published Version
Download (258kB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12030111130189.PDF] Text
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap agresivitas pajak perusahaan. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak yang diukur menggunakan proksi difference effective tax rate (DETR), sedangkan variabel independennya adalah pengungkapan corporate social responsibility (CSR) yang diukur menggunakan pedoman GRI G4 pada bagian sosial dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan lima variabel kontrol yaitu profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, capital intensity, dan inventory intensity. Penelitian ini merupakan replika dari penelitian Lanis dan Richardson (2012) yang menggunakan pengukuran agresifitas pajak dari Frank et. al. (2009) dan menggunakan saran dari Languir dan rekan (2015). Data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2013-2015. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan analisis regresi linear berganda. Sebelum dilakukan uji regresi, data terlebih dahulu diuji menggunakan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap agresivitas pajak. Perusahaan yang melakukan agresivitas pajak cenderung mengungkapkan CSR lebih besar untuk menutupi aktifitas agresivitas pajak mereka.
Keywords : corporate social responsibility, tax aggressiveness,GRI G4, DETR., corporate social responsibility, agresivitas pajak, GRI G4, DETR.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 24 Jan 2020 06:46
Last Modified: 24 Jan 2020 06:46
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1735

Actions (login required)

View Item
View Item