ANALISIS PENGARUH IKLAN DI INSTAGRAM TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN DENGAN PERSONALITY TRAITS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Usia 19-34 Tahun di Semarang)

AYUNING, Celine Dyah and ASTUTI, Sri Rahayu Tri,(26 February 2019), ANALISIS PENGARUH IKLAN DI INSTAGRAM TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN DENGAN PERSONALITY TRAITS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Usia 19-34 Tahun di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12010115120058.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasari berkembang pesatnya penggunaan media sosial Instagram di Indonesia, terutama penggunaannya sebagai saluran pemasaran online. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh We Are Social dan Hootsuite pada tahun 2018, Indonesia memiliki pengguna instagram terbanyak ke 5 di dunia. Instagram merupakan sebuah aplikasi media sosial gratis, dimana pengguna dapat mengunggah foto dan video. Para distributor memanfaatkan fitur yang ada di Instagrram untuk mengiklankan produk yang mereka jual. Selain itu, distributor juga melibatkan para selebritis dan influencer yang memiliki jumlah followers yang banyak di Instagram untuk mengiklankan produk mereka, yang lebih dikenal dengan sebutan endorsement. Iklan – iklan tersebut dapat muncul di explore page, timeline dan insta story. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba menguji pengaruh positif dari iklan yang ada di Instagram terhadap impulse buying konsumen. Terdapat 2 variabell independen yang digunakan dalam penelitian ini, yakni Konten Iklan (X1) dan Endorsement (X2). Satu variabel intervening yakni Personality Traits (Y1) dan satu variabel dependen yakni Impulse Buying (Y2). Setelah melakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis serta model yang akan digunakan. Kemudian kuesioner dibagikan kepada 112 orang yang berada di wilayah Semarang dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) sebagai alat analisis. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa Konten Iklan, Endorsement dan Personality Traits memiliki pengaruh yang positif terhadap Impulse Buying.
Keywords : impulse buying, endorsement, online marketing, social advertising, social media marketing., impulse buying, endorsement, pemasaran online, periklanan sosial media, pemasaran sosial media.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Users 8 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2020 06:27
Last Modified: 29 Jan 2020 06:27
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2147

Actions (login required)

View Item
View Item