AYUNING, Celine Dyah and ASTUTI, Sri Rahayu Tri,(26 February 2019), ANALISIS PENGARUH IKLAN DI INSTAGRAM TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN DENGAN PERSONALITY TRAITS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Usia 19-34 Tahun di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini didasari berkembang pesatnya penggunaan media sosial
Instagram di Indonesia, terutama penggunaannya sebagai saluran pemasaran
online. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh We Are Social dan Hootsuite
pada tahun 2018, Indonesia memiliki pengguna instagram terbanyak ke 5 di
dunia. Instagram merupakan sebuah aplikasi media sosial gratis, dimana
pengguna dapat mengunggah foto dan video. Para distributor memanfaatkan fitur
yang ada di Instagrram untuk mengiklankan produk yang mereka jual. Selain itu,
distributor juga melibatkan para selebritis dan influencer yang memiliki jumlah
followers yang banyak di Instagram untuk mengiklankan produk mereka, yang
lebih dikenal dengan sebutan endorsement. Iklan – iklan tersebut dapat muncul di
explore page, timeline dan insta story. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba
menguji pengaruh positif dari iklan yang ada di Instagram terhadap impulse
buying konsumen. Terdapat 2 variabell independen yang digunakan dalam
penelitian ini, yakni Konten Iklan (X1) dan Endorsement (X2). Satu variabel
intervening yakni Personality Traits (Y1) dan satu variabel dependen yakni
Impulse Buying (Y2).
Setelah melakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis serta model
yang akan digunakan. Kemudian kuesioner dibagikan kepada 112 orang yang
berada di wilayah Semarang dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini
menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) sebagai alat analisis. Hasil
dari penelitian ini menemukan bahwa Konten Iklan, Endorsement dan Personality
Traits memiliki pengaruh yang positif terhadap Impulse Buying.
Keywords : | impulse buying, endorsement, online marketing, social advertising, social media marketing., impulse buying, endorsement, pemasaran online, periklanan sosial media, pemasaran sosial media. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 8 not found. |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 06:27 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 06:27 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2147 |