PENGARUH EARNING MANAGEMENT DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016)

HUTASOIT, Rointan Permatasari and ADIWIBOWO, Agustinus Santosa,(6 June 2018), PENGARUH EARNING MANAGEMENT DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S – Fulltext PDF Bookmarks – 12030114120090.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh earning management dan karakteristik perusahaan yang terdiri dari kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan, profitabilitas, jenis KAP dan tipe industri terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) . Penelitian ini mengacu pada penelitian yang dilakukan oleh Khalid et al (2017) dan menggunakan metode regresi linier berganda. Untuk mengukur pengungkapan tanggung jawab sosial, peneliti mengacu pada GRI G.4 yang telah berlaku secara internasional. Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian yang bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2016. Sedangkan sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 84 sampel. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas,jenis KAP dan tipe industri memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Hasil ini menunjukkan bahwa perusahaan yang besar lebih cenderung mengungkapkan informasi mengenai kegiatan sosial dibandingan dengan perusahaan kecil. Sedangkan variabel lain seperti earning management, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR).
Keywords : Corporate Social Responsibility (CSR), earning management, Corporate Characteristics, Corporate Social Responsibility (CSR), earning management, karakteristik perusahaan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Heru Prastyo
Date Deposited: 29 Jan 2020 08:25
Last Modified: 05 Feb 2020 07:00
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2160

Actions (login required)

View Item
View Item