PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2009 – 2013)

RAMADHANA, Yusri and YUYETTA, Etna Nur Afri,(29 June 2015), PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2009 – 2013). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S- Fulltext PDF Bookmarks- 12030113183011.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari praktik Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan (dari sudut pandang akuntansi) dan kinerja pasar perusahaan (dari sudut pandang pasar). Dalam penelitian ini, variabel independen CSR yang terdiri dari enam aspek dasar CSR menurut Global Reporting Initiative (GRI) dan berdasarkan kerangka pemikiran stakeholder Clarkson yaitu dampak ekonomi, kepedulian lingkungan, ketenagakerjaan, sosial HAM, kemasyarakatan, dan tanggung jawab produk akan diuji pengaruhnya terhadap variabel dependen kinerja keuangan perusahaan yang diproksikan oleh penjumlahan Return on Assets (ROA), Return On Equity (ROE), dan Return On Sales (ROS), dan variabel kinerja pasar perusahaan yang diproksikan oleh Tobin’s q. Dalam penelitian ini digunakan juga variabel kontrol yaitu size (ukuran perusahaan), growth (pertumbuhan penjualan), dan leverage. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2009-2013 dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 617 perusahaan yang ditentukan melalui metode purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik, sedangkan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan dua model persamaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan dan terhadap kinerja pasar perusahaan. Penelitian ini juga menemukan bahwa size berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pasar perusahaan; leverage perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan, sedangkan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pasar perusahaan; Growth berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan dan kinerja pasar perusahaan.
Keywords : Corporate Social Responsibility (CSR), corporate’s performance, firm size, sales growth, leverage, Corporate Social Responsibility (CSR), kinerja perusahaan, size (ukuran perusahaan), growth (pertumbuhan penjualan), leverage
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 29 Jan 2020 13:06
Last Modified: 05 Feb 2020 05:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2173

Actions (login required)

View Item
View Item