ANALISIS PENGARUH RETURN ON EQUITY, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN CURRENT RATIO TERHADAP PRICE/EARNING RATIO (Studi pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015) ANALISIS PENGARUH RETURN ON EQUITY, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN CURRENT RATIO TERHADAP PRICE/EARNING RATIO (Studi pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015) ANALISIS PENGARUH RETURN ON EQUITY, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN CURRENT RATIO TERHADAP PRICE/EARNING RATIO (Studi pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015)

SULISTYAWATI, Poppy Dyah and MAHFUDZ, Mahfudz,(August 2016), ANALISIS PENGARUH RETURN ON EQUITY, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN CURRENT RATIO TERHADAP PRICE/EARNING RATIO (Studi pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015) ANALISIS PENGARUH RETURN ON EQUITY, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN CURRENT RATIO TERHADAP PRICE/EARNING RATIO (Studi pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015) ANALISIS PENGARUH RETURN ON EQUITY, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN CURRENT RATIO TERHADAP PRICE/EARNING RATIO (Studi pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12030112120024.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Harga saham adalah sesuatu di lantai bursa yang menjadi perhatian/signal investor. Dengan pendekatan Price/Earning Ratio, harga saham direfleksikan terhadap total keuntungan yang dapat dihasilkan Emiten. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel Return on Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) terhadap Price/Earning Ratio. Pada perusahaan sektor Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2015. Data pada penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling dengan kriteria: (1) Perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan konsisten ada selama periode penelitian (2012 sampai dengan 2015), (2) Perusahaan Consumer Goods yang menyediakan data laporan keuangan selama periode penelitian (2012 sampai dengan 2015) dan (3) Perusahaan Consumer Goods tidak menghasilkan laba negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data-data yang digunakan didalam penelitian ini telah memenuhi asumsi klasik, yang meliputi: data terdistribusi normal, tidak terjadi gejala multikolinieritas, tidak terdapat autokorelasi, dan tidak terjadi gejala heteroskedastisitas. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa variabel Return on Equity (ROE) secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Price/Earning Ratio pada perusahaan sektor Consumer Goods. Variabel Current Ratio secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap Price/Earning Ratio pada perusahaan sektor Consumer Goods. Sedangkan variabel Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Price/Earning Ratio pada perusahaan sektor Consumer Goods. Ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini Return on Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), dan Current Ratio (CR) secara bersama-sama berpengaruh terhadap Price/Earning Ratio. Kemampuan prediksi dari ketiga variabel secara simultan adalah sebesar 18,2%. Hal ini dapat mengindikasikan bahwa investor di lantai bursa sektor Consumer Goods cenderung spekulatif dalam melakukan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia.
Keywords : Price/Earning Ratio Return on Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), Price/Earning Ratio Return on Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Users 8 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2020 06:12
Last Modified: 05 Feb 2020 06:12
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2204

Actions (login required)

View Item
View Item