SULISTYAWATI, Poppy Dyah and MAHFUDZ, Mahfudz,(August 2016), ANALISIS PENGARUH RETURN ON EQUITY, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN CURRENT RATIO TERHADAP PRICE/EARNING RATIO (Studi pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015) ANALISIS PENGARUH RETURN ON EQUITY, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN CURRENT RATIO TERHADAP PRICE/EARNING RATIO (Studi pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015) ANALISIS PENGARUH RETURN ON EQUITY, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN CURRENT RATIO TERHADAP PRICE/EARNING RATIO (Studi pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (181kB)
Download (181kB)
Text
Download (165kB)
Download (165kB)
Text
Download (166kB)
Download (166kB)
Text
Download (175kB)
Download (175kB)
Text
Download (308kB)
Download (308kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Harga saham adalah sesuatu di lantai bursa yang menjadi perhatian/signal
investor. Dengan pendekatan Price/Earning Ratio, harga saham direfleksikan
terhadap total keuntungan yang dapat dihasilkan Emiten. Penelitian ini bertujuan
untuk menguji pengaruh variabel Return on Equity (ROE), Debt to Equity Ratio
(DER) dan Current Ratio (CR) terhadap Price/Earning Ratio. Pada perusahaan
sektor Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode
2012-2015.
Data pada penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling
dengan kriteria: (1) Perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia (BEI) dan konsisten ada selama periode penelitian (2012 sampai dengan
2015), (2) Perusahaan Consumer Goods yang menyediakan data laporan keuangan
selama periode penelitian (2012 sampai dengan 2015) dan (3) Perusahaan
Consumer Goods tidak menghasilkan laba negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa data-data yang digunakan didalam
penelitian ini telah memenuhi asumsi klasik, yang meliputi: data terdistribusi
normal, tidak terjadi gejala multikolinieritas, tidak terdapat autokorelasi, dan tidak
terjadi gejala heteroskedastisitas. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa
variabel Return on Equity (ROE) secara parsial berpengaruh positif signifikan
terhadap Price/Earning Ratio pada perusahaan sektor Consumer Goods. Variabel
Current Ratio secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap
Price/Earning Ratio pada perusahaan sektor Consumer Goods. Sedangkan
variabel Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial tidak berpengaruh signifikan
terhadap Price/Earning Ratio pada perusahaan sektor Consumer Goods. Ketiga
variabel yang digunakan dalam penelitian ini Return on Equity (ROE), Debt to
Equity Ratio (DER), dan Current Ratio (CR) secara bersama-sama berpengaruh
terhadap Price/Earning Ratio. Kemampuan prediksi dari ketiga variabel secara
simultan adalah sebesar 18,2%. Hal ini dapat mengindikasikan bahwa investor di
lantai bursa sektor Consumer Goods cenderung spekulatif dalam melakukan
perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia.
Keywords : | Price/Earning Ratio Return on Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), Price/Earning Ratio Return on Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR) |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 8 not found. |
Date Deposited: | 05 Feb 2020 06:12 |
Last Modified: | 05 Feb 2020 06:12 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2204 |