ANALISIS PENGARUH KUALITAS SITUS WEB TERHADAP NIAT BERPERILAKU KONSUMEN, DENGAN KEPUASAN ELEKTRONIK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA E-COMMERCE DI SEMARANG (Studi pada pengguna Online Shop Jakartanotebook)

ZIEFRIZAL, Adryan Putra and SUKRESNA, I Made,(16 June 2017), ANALISIS PENGARUH KUALITAS SITUS WEB TERHADAP NIAT BERPERILAKU KONSUMEN, DENGAN KEPUASAN ELEKTRONIK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA E-COMMERCE DI SEMARANG (Studi pada pengguna Online Shop Jakartanotebook). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext PDF Bookmarks-12010113140206.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang timbul dari kegunaan, kemudahan penggunaan, kenyamanan dan kepercayaan situs web Jakartanotebook.com terhadap kepuasan konsumen serta pengaruhnya terhadap niat berperilaku. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kegunaan, kemudahan penggunaan, kenyamanan, dan kepercayaan elektronik sebagai variabel independen, kemudian kepuasan elektronik sebagai variabel intervening, dan niat berperilaku sebagai variabel dependen. Sampel dalam penelitian berjumlah 125 responden yaitu para konsumen situs web Jakartanotebook yang telah melakukan pembelian minimal 1 kali di Semarang. Metode yang digunakan adalah non-probability sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada para responden. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan enam hipotesis yang akan diuji menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang dioperasikan melalui program AMOS 22.0 Berdasarkan hasil dari pengolahan data SEM untuk model yang telah memenuhi kriteria goodness of fit sebagai berikut, nilai chi-square = 253,771; probability = 0,053; RMSEA = 0,036; CMIN/DF = 1,159; GFI = 0,855; TLI = 0,970; CFI = 0,974, dengan satu kriteria marginal yaitu AGFI = 0,817. Dengan hasil yang demikian dapat dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa niat berperilaku konsumen dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kegunaan, kemudahan penggunaan, kenyamanan, dan kepercayaan situs web yang mempengaruhi kepuasan sebagai penentu keberhasilan meningkatkan niat berperilaku konsumen.
Keywords : usefulness, ease of use, enjoyment, e-trust, e-satisfaction, behavioural intention, kegunaan, kemudahan penggunaan, kenyamanan, kepercayaan, kepuasan, niat berperilaku
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2020 02:51
Last Modified: 06 Feb 2020 02:51
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2299

Actions (login required)

View Item
View Item