PRATAMA, Rendy Budi and MAGNADI, Rizal Hari,(29 May 2017), ANALISIS PENGARUH PROMOSI DAN PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP KEPERCAYAAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT BELI DI E-COMMERCE (Studi pada Pengguna blibli.com). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pertumbuhan jumlah pengguna internet yang selalu meningkat dari tahun ke tahun menimbulkan munculnya berbagai jenis e-commerce. Dengan munculnya e-commerce ini menyebabkan perubahan gaya hidup masyarakatnya yang mulai beralih dari market place ke market space. Semakin berkembangnya e-commerce membuat semakin ketatnya persaingan yang tejadi dalam bisnis e-commerce. Situs Blibli.com merupakan anak buah perusahaan dari PT.Djarum yang bergerak dibidang digital yakni PT.Global Digital Niaga. Namun, popularitas dari situs Blibli.com masih kalah popular dengan situs-situs lain yang ada seperti Elevenia dan Lazada.co.id, selain itu jumlah total pengunjung juga mengalami penurunan yang terjadi dari tahun 2016-2017. Selain penurunan jumlah pengunjung Blibli.com juga sering memperoleh Komplain atau komentar negative. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel promosi dan variabel keamanan terhadap minat beli di e-commerce blibli.com melalui kepercayaan sebagai variabel intervening.
Penelitian ini menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan alat analisis Structural Equation Method (SEM). Jumlah responden pada penelitian ini adalah 197 responden.
Hasil analisis menunjukkan bahwa satu variabel independen yaitu promosi (0,369) mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap variabel intervening yaitu kepercayaan sedangkan variabel independen persepsi keamanan (0,138) mempunyai hubungan yang positif namun tidak signifikan. Terdapat satu variabel independen yang mempunyai hubungan positif dan tidak signifikan terhadap variabel dependen yaitu persepsi keamanan (0,071). Terdapat dua variabel yang memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap variabel dependen (minat beli) yaitu promosi dan kepercayaan. Sedangkan persepsi keamanan memiliki hubungan yang positif dan tidak signifikan terhadap minat beli sebagai variabel dependen.
Keywords : | promotion, perception security, trust, buying interest in e-commerce, blibli.com, promosi, persepsi keamanan, kepercayaan, minat beli di e-commerce, blibli.com |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Arief Eryka Zendy |
Date Deposited: | 06 Feb 2020 03:46 |
Last Modified: | 06 Feb 2020 03:46 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2309 |