ANALISIS PENGARUH KEGUNAAN YANG DIRASAKAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Situs Jual Beli Online Zalora.co.id)

NOVIATUN, Rosep Tika and KHASANAH, Imroatul,(4 September 2017), ANALISIS PENGARUH KEGUNAAN YANG DIRASAKAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Situs Jual Beli Online Zalora.co.id). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks -12010113120006.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang tinggi diiringi dengan bergesernya perilaku konsumen yang menginginkan transaksi dengan mudah, cepat dan efisien membuat pertumbuhan bisnis online yang sering disebut e-commerce menjadi kian pesat. Hal ini meyebabkan persaingan di dunia e-commerce semakin ketat. Upaya untuk mempertahankan konsumen untuk terus membeli produk perusahaan sangat dibutuhkan agar dapat terus bertahan. Di tengah ketatnya persaingan ecommerce sekarang ini, Zalora yang merupakan salah satu situs terpopuler di Indonesia tidak dibarengi dengan reputasi dan minat pengunjung untuk bertransaksi pada situs tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kegunaan yang dirasakan, kemudahan penggunaan, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada Zalora di Kota Semarang melalui minat beli sebagai variabel intervening. Jumlah sampel sebanyak 100 responden diambil dengan purposive sampling yakni konsumen di kota Semarang yang pernah melakukan transaksi minimal 1 kali pada situs Zalora. Metode analisis yang digunakan meliputi : uji validitas, uji reliabilitas, uju asumsi, uji regresi linier berganda, uji t, uji F, uji determinasi dan uji Sobel. Hasil analisis regeresi berganda menunjukkan bahwa semua variabel independen yakni kegunaan yang dirasakan (0,252), kemudahan penggunaan (0,625), dan kepercayan konsumen (0,165) mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap variabel minat beli sebagai variabel intervening. Variabel intervening (0,162) dan variabel kepercayaan konsumen (0,740) dalam pengaruh langsung terhadap keputusan pembelian mempunyai hubungan yang positif dan sejalan terhadap variabel dependen yakni keputusan pembelian.
Keywords : perceived usefulness, easy of use, customer’s trust, purchase intention, purchase decision, kegunaan yang dirasakan, kemudahan penggunaan, kepercayaan kosnumen, minat beli, keputusan pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 06 Feb 2020 06:25
Last Modified: 06 Feb 2020 06:25
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2354

Actions (login required)

View Item
View Item