PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT UNTUK MENGGUNAKAN INSTRUMEN UANG ELEKTRONIK

YOGANANDA, Andrean Septa and DIRGANTARA, I Made Bayu,(26 September 2017), PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT UNTUK MENGGUNAKAN INSTRUMEN UANG ELEKTRONIK. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - 12010113120014.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Uang sebagai alat pembayaran mengalami perkembangan dengan pesat dari masa ke masa. Perkembangan uang juga terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi, dengan munculnya uang elektronik. Angka volume transaksi dan nilai transaksi instrumen uang elektronik terus meningkat dari tahun ke tahun seiring meningkatnya kebutuhan konsumen. Banyak faktor yang mempengaruhi keinginan konsumen dalam menggunakan instrumen uang elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi manfaat, pesepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan dan persepsi risiko terhadap minat menggunakan instrumen uang elektronik. Mengambil sampel sebanyak 120 responden dengan teknik nonprobability sampling dalam memilih responden yang merupakan mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro tahun ajaran 2016/2017. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, dimana analisis tersebut meliputi: uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasi, uji regresi linier berganda, uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, dan kepercayaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat untuk menggunakan, sedangkan persepsi risiko memiliki pengaruh yang negatif dan tidak signifikan terhadap minat untuk menggunakan.
Keywords : electronic money, Technology Acceptance Model (TAM), perceived usefulness, perceived ease of use, trust, perceived risk, intention to use., instrumen uang elektronik, Technology Acceptance Model (TAM), persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, persepsi risiko, minat untuk menggunakan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 06 Feb 2020 06:48
Last Modified: 06 Feb 2020 06:48
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2363

Actions (login required)

View Item
View Item