ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, SIZE, LEVERAGE, SALES, DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (Studi Pada Perusahaan Peserta Corporate Governance Perception Index Award Periode 2011-2015)

PRATAMA, Andreas Devi and SUDARNO, Sudarno,(8 November 2018), ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, SIZE, LEVERAGE, SALES, DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (Studi Pada Perusahaan Peserta Corporate Governance Perception Index Award Periode 2011-2015). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S – Fulltext PDF Bookmarks – 12030112120036.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (990kB) | Request a copy

Abstract

Tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility saat ini menjadi sesuatu yang penting dan menentukan keberlangsungan perusahaan. Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi tanggung jawab sosial salah satunya adalah karakteristik perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility). Corporate Social Responsibility Disclosure adalah variabel dependen dalam penelitian ini yang diukur dengan menggunakan sustainability reporting guidelines yang dikeluarkan Global Reporting Initiative. Didalamnya terdapat 79 indiktor pengukuran corporate social responsibility. Variabel independen yang diteliti antara lain profitability, size, leverage, sales, dan corporate governance. Sampel penelitian ini adalah perusahaan peserta Corporate Governance Perception Index Award pada tahun 2011 – 2015. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 69 perusahaan yang menjadi sampel. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linear berganda. Hasil dari analisis menunjukan bahwa profitability dan leverage berpengaruh secarah positif dan signifikan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Sedangkan size, sales, dan corporate governance memiliki hubungan tidak signifikan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure.
Keywords : Corporate Social Responsibility Disclosure(CSRD), Profitability, Leverage. Size, Sales, and Corporate Governance(CG), Corporate Social Responsibility Disclosure(CSRD), Profitability, Leverage. Size, Sales, dan Corporate Governance(CG)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Heru Prastyo
Date Deposited: 07 Feb 2020 07:59
Last Modified: 07 Feb 2020 07:59
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2459

Actions (login required)

View Item
View Item