ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP TOSHIBA (Studi Kasus pada Konsumen Laptop Toshiba di Kota Semarang)

PERMANA, Faisal Ahmad Dias and KAMAL, H. Mustafa,(20 September 2017), ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP TOSHIBA (Studi Kasus pada Konsumen Laptop Toshiba di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Fulltext PDF Bookmarks-12010112130112.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan dalam dunia industri laptop saat ini semakin ketat. Masing-masing dari produsen laptop tersebut menciptakan produk laptop yang memiliki kualitas yang baik, untuk dapat memiliki keunggulan bersaing dalam industri laptop. Pada penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk dalam mempengaruhi keputusan pembelian dari laptop merek Toshiba dan mana yang memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian pada laptop merek Toshiba. Penelitian ini mengambil sampel 100 responden yang merupakan konsumen yang pernah membeli dan menggunkan produk Laptop Toshiba di Kota Semarang, untuk diteliti dengan teknik Accidental Sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliablitas, kemudian dilakukan uji asumsi klasik. Setelah analisis regresi dilakukan uji goodness of fit, yaitu pengujian signifikansi parameter individual (uji t), uji kelayakan model (uji f), dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil analisis regresi pada penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek, harga, dan kualitas produk memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian dengan persamaan Y = 0,438 X1 + 0,252 X2 + 0,283 X3. Variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian adalah variabel citra merek, yaitu sebesar 0.438, disusul dengan variabel kualitas produk sebesar 0.283 dan variabel yang memiliki pengaruh paling kecil adalah harga sebesar 0.252. Hasil analisis dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa citra merek, harga, dan kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan secara individual terhadap keputusan pembelian. Model persamaan ini memiliki nilai F sebesar 66,690 dengan tingkat signifikansi 0.000. Hasil analisis dengan menggunakan koefisien determinasi menunjukan bahwa 66,6 % keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh citra merek, harga, dan kualitas produk serta 33,4% dari keputusan pembelian dijelaskan oleh variabel lainnya.
Keywords : Purchasing decision, brand image, price, product quality, Keputusan pembelian, citra merek, harga, kualitas produk
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 12 Feb 2020 13:19
Last Modified: 12 Feb 2020 13:19
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/2722

Actions (login required)

View Item
View Item